Terry Belinda Tawarkan Peluang Hibah Modal Rp2,5 Miliar bagi UMKM di Sumsel, Dikemas dalam Reality Show Kompetisi Kewirausahaan

Terry Belinda

Palembang – Meteorsumatera

Entrepreneur asal Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Terry Belinda Pritasari yang sukses berkiprah di ibu kota Jakarta dikabarkan bakal membuka keran investasi bagi pelaku UMKM di Bumi Sriwijaya. Tak tanggung-tanggung, owner IWAK tersebut membawa tawaran hibah modal usaha senilai total Rp2,5 miliar yang akan diberikan kepada para pemenang program DSC City Roadshow (Diplomat Success Challenge) Season 15.

Dikonfirmasi, Terry menjelaskan, Diplomat Success Challenge (DSC) merupakan program pengembangan wirausaha muda yang telah berjalan selama 14 tahun. “Program ini bertujuan untuk melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang tangguh, inovatif, dan berkelanjutan, serta mampu berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa,” ujar Terry, SeninĀ  24 Juni 2024.

Salah satu daya tarik utama DSC, kata dia, hibah modal usaha senilai total Rp2,5 miliar yang diberikan kepada para pemenang. “Hibah ini diberikan untuk membantu para pemenang dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis mereka,” ungkap founder dan owner CV UGet Corp (Iwak Giling Indonesia) itu.

Dirinya menambahkan, proses seleksi yang ketat dilakukan untuk menentukan para pemenang hibah. “Para peserta harus melalui berbagai tahapan seleksi, mulai dari seleksi proposal bisnis, presentasi bisnis, hingga interview dengan para juri,” jelas alumnus Universitas Pasundan Bandung 2001-200.

Selain hibah modal usaha, lanjut Terry, DSC juga menawarkan peluang networking bisnis yang luas bagi para pesertanya. “Para peserta berkesempatan untuk bertemu dengan para mentor, investor, dan wirausahawan lain dari berbagai bidang,” seru magister ekonomi syariah itu.

Terry kembali menjelaskan, kapasitasnya sebagai DEN (Diplomat Entrepreneur Network). DEN adalah alumni program DSC dimana dirinya saat itu termasuk dalam Top 18 dari 23.657 challengers di tahun 2022 dan dipercaya sebaga partner untuk menyelenggarakan event ini.

Masih kata Terry, Diplomat Success Challenge (DSC Season 15) merupakan program reality show kompetisi kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha. “Untuk memperoleh hibah modal usaha total Rp2,5 miliar. Mendapatkan edukasi, networking business dan pendampingan. Mewujudkan dan mengembangkan ide yang tervalidasi dan bisnis yang kreatif,” terangnya.

Dijelaskan pula, mengapa dia bergabung dalam jaringan alumni Diplomat Entrepreneur Network (DEN), jaringan wirausaha bentukan DSC yang telah berlangsung selama 14 tahun. “Berpeluang menjadi seorang wirausaha sukses yang tangguh dan bermanfaat,” jelasnya.

Terry menjelaskan, DSC memilih untuk fokus pada segmen UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam misinya. “Untuk membangun generasi pemimpin masa depan yang unggul dan mampu memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Beberapa program DSC yang difokuskan untuk UMKM, kata dia, misalnya pelatihan dan workshop tentang berbagai topik yang relevan bagi UMKM, seperti manajemen keuangan, pemasaran, dan akses permodalan. Pendampingan bisnis untuk membantu UMKM mengembangkan rencana bisnis dan strategi pemasaran.

“Pemberian dana hibah, akses ke jaringan investor dan mitra bisnis.Penyelenggaraan pameran dan konferensi untuk membantu UMKM memasarkan produk dan jasa mereka,” paparnya.

Target sebagai pembicara (speaker), Terry ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman. “Saya dapat berbagi keahlian dan pengalaman saya di bidang bisnis dengan para peserta DSC, yang mayoritas adalah pelaku UMKM. Ini akan membantu teman-teman wirausaha mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan,” ungkapnya.

Di samping, meningkatkan profil dan kredibilitas untuk berbicara di acara DSC yang bergengsi. Hal ini Ini juga dapat membuka peluang kerja sama bisnis di kemudian hari. Menginspirasi dan memotivasi orang lain. “Kisah pengalaman saya dapat membuka insight dan harapannya dapat memotivasi peserta DSC untuk mengejar impian wirausaha teman -teman,” ungkapnya seraya menambahkan, mempelajari tren dan tantangan UMKM tentu akan memperbarui pengetahuan dengan bertemu banyak teman wirausaha.

Prestasi marketing yang pernah diraih, jelas Terry, di antaranya Smart Challenge Female Founder Accelerator 2023, peringkat kedua Indonesia Food Inovation 2022, dan top 18 Challengers dalam Incubator Diplomat Success Challenge 2022. Sementara, sertifikasi yang dikantongi Digital and Social Media Marketing berlisensi BNSP, Google Awards Veltica Digital Academy 2017, dan Digital Elite Marketing Training Marketer pada 2016.

Target teamwork, kata dia, untuk menghasilkan ide bisnis yang kuat. “Bekerja sama dengan tim yang beragam yang memungkinkan untuk bertukar pikiran dan menghasilkan ide bisnis yang inovatif dan menarik,” ujarnya sembari mengatakan, mengembangkan keterampilan bekerja sama dan jaringan. “Termasuk membangun ketahanan dan disiplin sistem kerja sama dengan kampus,” ujarnya.

Dijelaskannya, kerja sama dengan kampus Universitas Bina Darma dengan partner DSC (Diplomat Success Challenge) berupa talkshow dan sosialiasi program reality show kompetisi keirausahawan untuk mahasiswa maupun terbuka untuk umum. Event tersebut rencananya digelar pada 8 Juli 2024 pukul 09.00-12.00 di Universitas Bina Darma Jl.A.Yani No.3 Palembang.(red)