Berdayakan Masyarakat Desa Embawang, Bukit Asam (PTBA) Dukung Budidaya Lebah Madu

Muara Enim – Meteorsumatera

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mendukung budidaya lebah madu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Embawang, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim.

Sebanyak 8 stup (kotak untuk rumah lebah) lebah madu jenis Trigona Terminata dan Trigona Itama diserahkan PTBA untuk dibudidayakan oleh masyarakat desa tersebut.

Para penduduk Desa Embawang gotong royong menyiapkan media dan lahan untuk budidaya lebah madu tersebut pada Kamis 20 Juni 2024. Mulai dari pembersihan lahan yang akan digunakan hingga pemasangan tiang penyangga untuk stup lebah madu.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena budidaya lebah madu tidak hanya memiliki potensi ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan,” kata Asisten Manajer Sustainability Planning & Documentation PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Rio Handoko.

Kelompok budidaya lebah madu dari Prabumulih hadir untuk mendampingi dan memberikan dukungan teknis kepada masyarakat dalam proses ini.

Pendampingan dari mereka diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Embawang melakukan budidaya lebah madu dengan lebih efektif dan berkelanjutan.

“Dengan pendampingan yang tepat, masyarakat Desa Embawang dapat mengembangkan budidaya lebah madu ini secara optimal dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan Desa Embawang tidak hanya meningkat kesejahteraannya, tetapi juga menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan potensi lokal secara berkelanjutan.

“Kami berharap Desa Embawang dapat menjadi contoh sukses dalam budidaya lebah madu, serta memberikan inspirasi bagi desa-desa lain,” tutupnya.