Antisipasi Terjadinya Kejahatan dan Gangguan Kamtibmas, Polres PALI Terjunkan 53 Personil

PALI – Meteorsumatera

Sebanyak 53 personil Polres PALI dikerahkan untuk mengantisipasi terjadinya pekat, gangguan 3C, Sajam, Narkotika, Lahgun senpi, judi, miras dan street crime serta gangguan Kamtibmas lainnya pada Sabtu malam 2 Juni 2024.

Razia terpadu oleh Kepolisian Resort PALI yang tergabung dalam Tim UKL l ini melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen surat surat kendaraan bermotor, baik Roda Empat maupun Roda Dua yang melintas di Simpang Polres PALI dan sekitar wilayah kecamatan Talang Ubi.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin oleh Kabag OPS Polres PALI Kompol Hendro Suwarno SH, didampingi Kasi Humas Polres PALI AKP Ardiansyah SH serta diikuti oleh para perwira dan Personil Polres PALI.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 21.00, Wib, dan berakhir pukul 23.00, wib, selain melakukan pemeriksaan terhadap pengendara, Tim UKL l juga melaksanakan patroli dialogis / blue light patrol serta melaksanakan patroli dalam mendukung kelancaran OPS Mantap Brata Musi 2023-2024.

Kegiatan ini sesuai Surat Telegram Kapolda Sumsel Nomor : STR/278/X/ OPS.1.1.1/2023 tanggal 20 Oktober 2023 tentang OMB Musi 2023-2024 Untuk Menciptakan Situasi Harkamtibmas yang Kondusif agar Melaksanakan Kegiatan Rutin/KRYD.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIk MH melalui Kabag OPS Polres PALI Kompol Hendro Suwarno SH, mengatakan, selain melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan juga pihaknya memberikan himbauan kepada masyarakat, apabila tidak memiliki kepentingan mendesak agar segera pulang kerumah agar tidak menjadi korban pelaku kriminal.

“Kita juga memberikan himbauan atau peneguran kepada pengendara R2 maupun R4 agar tidak menggunakan knalpot brong dan tetap mematuhi aturan berlalu lintas yang sesuai dengan undang – undang,” katanya pada Minggu 2 Juni 2024.

Menurutnya kegiatan tersebut dilanjutkan Patroli dialogis / Blue Light Patroli dengan rute Lampu Seribu Depan Kantor Koramil, Lampu Seribu Talang Pipa, Simpang Lima Pendopo, Pasar Pendopo, Terminal Pendopo.

Setelah itu dilanjutkan ketempat hiburan Karaoke Family Beracung, Jalan Pahlawan, Jalan Lubuk Guci, dan terakhir arah Simpang Raja kelurahan Handayani Mulya Talang Ubi.

” Dalam kegiatan itu masih ditemukan pengemudi baik R2 maupun R4 yang tidak patuh terhadap Peraturan berlalu lintas, seperti tanpa dilengkapi surat kelengkapan kendaraan, serta masih ditemukan pengendara yang tidak menggunakan Helm SNI saat mengendarai R2,” ujarnya.

Kabag OPS berharap, dengan adanya Kegiatan Patroli Dialogis / Blue Light Patrol dilaksanakan supaya bisa mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, kriminalitas pada malam hari dan menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah hukum Polres PALI.

Ditegaskan Kabag OPS, Kegiatan Patroli Dialogis/Blue Light Patrol ini bertujuan untuk memberikan kelancaran pegguna jalan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam wilayah hukum Polres PALI.