Pemkab MUBA Ikuti Kick Off Meeting Evaluasi AKIP 2024

MUBA – Meteorsumatera

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) mengikuti kegiatan Kick Off Meeting Evaluasi AKIP 2024, oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB) sekaligus Rapat Persiapan Pelaksanaan yang dilakukan secara virtual, Selasa 28 Mei 2024 di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Dalam arahannya, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Prof Dr Erwan Agus Purwanto MSi mengatakan, bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Melaksanakan evaluasi AKIP, untuk mengetahui sejauh mana AKIP dilaksanakan atau digunakan di tempat daerah masing-masing. Kemudian nantinya tujuan dari evaluasi ini, untuk menilai tingkat akuntabilitas kinerja atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil, serta memberikan saran perbaikan yang di perlukan.

“Adapun rata-rata nilai hasil evaluasi di tahun 2023 semuanya mengalami peningkatan. Untuk itu semoga di tahun 2024 ini akan akan mengalami peningkatan yang lebih signifikan lagi. Komitmen bersama seluruh level pimpinan dan pegawai dalam memahami dan mengimplementasikan SAKIP,”katanya.

Sementara, Pj Bupati MUBA H Sandi Fahlepi melalui Asisten Administrasi Umum Setda MUBA Drs Safaruddin mengungkapkan, Pemkab MUBA akan terus berkomitmen meningkatkan implementasi SAKIP dan RB.

“Kami tentunya berharap di tahun ini penilaian SAKIP di Kabupaten MUBA bisa lebih baik dari tahun ke tahunnya. Untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja. Juga pemerintahan yang efektif dan efisien serta pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua OPD yang sudah turut aktif, semoga apa yang kita lakukan selalu menunjukkan peningkatan di setiap tahunnya,”ungkap Safaruddin.

Senada, Kabag Organisasi Nurzahrawati SPd MT menyampaikan, untuk penilaian Sakip di tahun 2024 ini tentunya akan dipersiapkan secara matang baik itu dari dokumen dan hal lainnya. Apapun yang menjadi perbaikan akan segera ditindaklanjuti.

“Untuk itu, diharapkan kepada tim evaluasi dapat memberikan arahan dan bimbingan dalam perencanaan untuk penyempurnaan SAKIP dan RB. Tujuannya agar pelaksanaan manajemen kinerja dan pelaksanaan RB di Kabupaten MUBA dapat terwujud lebih baik lagi,”tandasnya.