Reses Tahap I Dapil V DPRD Sumsel, Selain Serap Aspirasi Rakyat Juga Berdialog Langsung Dengan Kontituen

Palembang – Meteorsumatera

Dimulai tanggal 29 Januari hingga 5 Februari 2024, DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Daerah Pemilihan (Dapil) V melaksanakan Reses bertujuan untuk menyerap aspirasi rakyat sekaligus berkunjung dan berdialog langsung dengan kontituen di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 6 Februari 2024.

Reses tahap I Dapil V ini, Iwan Hermawan ST MM sebagai Koordinator di dampingi anggotanya meliputi Hj Tina Malinda SE MSi (PDIP), Fathan Qoribi, ST (PKB), Hj Susilawsti, SH Mkn (Gerindra), Yeni Elita SPd MM (Nasdem), Andie Dinaldie SE MM (Golkar) dan Heru Prayogo SH dari (Golkar).

Reses Dapil V Tahap I ini dihadiri oleh Camat, Para Kepala Desa, BPD, Kadus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Unsur Tripika berserta masyarakat di Desa Mekar Jaya, Desa Tanjung Jaya, Desa Durian Sembilan, Desa Danau Jaya, Desa Sumber Ringin, Desa Kembang Tinggi, Desa Tanjung Durian, Desa Tanjung Baru. Kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Camat Buay Pamaca, Desa Kota Way, Desa Karet Jaya, Desa Talang Padang dan desa Tanjung Menag lalu menuju Desa sumber Raya dan Desa Serakat Jaya.

Masih di wilayah Kecamatan Buay Pemanca dan ke Desa Gedung Nyawa, Desa Bumi Genap, Desa Gunung Wani, Desa Karang Endah dan Desa Air Baru Kecamatan Rujung Agung. Selanjutnya rombongan wakil rakyat tersebut menuju ke Desa Batu Belang, Desa Gunung Tiga Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan. Kemudian ke Desa Penilikan Kecamatan Peninjauan dan ke Desa Kedaton Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut Iwan Hermawan ST MM sebagai kordinator mengatakan bahwa acara reses ini mempunyai tujuan selain bersilatuhrahmi dan berdialog langsung dengan masyarakat serta untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung. “Kita akan mendengar usulan dan aspirasi masyarakat serta saran yang disampaikan langsung yang diwakili setiap kecamatan dalam Dapil V tersebut,”jelasnya.

Berbagai usulan yang disampaikan seperti, perbaikan jalan, kantor desa, saluran air hingga hingga pengadaan pupuk yang langkah membuat petani resah, bantaran sungai, jalan longsor,”semua usulan ini akan kita tampung dan tindaklanjuti,” tukasnya.

Senada dikatakan warga Desa Air Baru yang tidak mau namanya di publikasikan mengharapkan semua usulan seperti perbaikan jalan, saluran air hingga kebutuhan pokok yang mahal. Selain itu masyarakat juga mengharapkan bantuan subur bor, bantuan Ambulan desa, lampu jalan, alat-alat pertanian juga masalah gaji perangkat desa, perbaikan ruangan sekalah dasar, bantuan guru PAUD, alat- olahraga, pada umumnya mendengar aspirasi dan usulan dari masyarakat tersebut.

Menurut Hj Susilawati SH MKn menjelaskan bahwa semua usulan dan aspirasi yang disampaikan akan ditampung dan akan memperjuangkan aspirasi ataupun usulan dari masyarakat yang ada di Dapil V ini.
“Untuk itu masyarakat yang mengajukan usulan dapat membuat, proposal, Kalau dari desa di ketahui oleh kepala Desa, dan Camat nantinya proposal itu akan dikumpulkan, dikompilasi dan dilaporkan dalam rapat Paripurna, “tentu saja usulan usulan tersebut akan kami perjuangkan,”tegas anggota DPRD Provinsi Sumsel asal Partai Gerindra sehari- hari dipangil ibu Susi ini.

Jadi sambung Ibu Susi, kami harapkan kepada masyarakat atau Kepala Desa khususnya di Dapil V ini agar proposal tersebut diserahkan di jauh hari karena melalui proses,”Kepada Kepala Desa jangan lelah atau sungkan untuk membuat proposal atau program yang tentunya setiap usulan wajib di masukan di dalam Musresbang Desa lalu Musrenbang Kecamatan selanjutnya Musresbang Kabupaten,”harapnya.

Lanjut Susi, kita mengharapkan peran Camat agar lebih jeli yang mana harus diprioritaskan khususnya program infrastuktur seperti jalan jembatan, irigasi dan lain-lain inilah merupakan langka yang tepat secara prusudural, juga kita mengharap dan menghibauh kepada masyarakat yang kita kunjungi karena sekarang masih musim Hujan berhati-hati kepada masyarakat yang tinggal di bukit KalU longsor dan begitu juga yang di bantaran sungai dan juga kita menghimbau kepada masyarakat,karena ini sebentar lagi ada pesta demokrasi, tuntunya pasti berbeda pendapat dan pilihan,Jagan mudah terpecah belah,jaga lah kekeluargaan,dan kerukunan,dan persatuan kita adalah saudara.dan Jagan lupa pililah pemimpin yang bersih dan bisa berkerja dengan baik inggat tangal 14 ferbuari ini datang ke TPS jangan golput, tutupnya.

(Murnadi)