Kapolres Banyuasin Hadiri Rakor Dalam Penanganan Bencana di Hotel Aston

Banyuasin – Meteorsumatera

Tim Peliputan Subbidpid Bidhumas Polda Sumsel yakni Pendatu M Benny Waluyo, Bripka M Redho SH dan Bripka A Muhariyah melakukan peliputan Rapat koordinasi (Rakor) Sinergitas Forkopimda Provinsi Sumsel dalam Penanganan bencana, mencegah Inflasi, Kemiskinan Ekstrem, Stunting, Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Rakor tersebut guna mempertahankan Sumatera Selatan (Sumsel) Zero Konflik yang berlangsung di Hotel Aston Palembang, Kamis 25. Januari 2024 pukul 09.00 WIB, hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Feri Handoko Soenarso SH SIK.

Juga hadir, Karoops Polda Sumsel Kombes Pol Muhammad Anis Prasetio Santoso SIK MSi, Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK MSi, dan ‚Ā†Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes Pol Muhammad Anwar Reksowidjojo SH SIK.

Sementara Peserta Rakor/Undangan yakni para Walikota/Bupati Provinsi Sumsel, para Ketua DPRD Kota/Kabupaten Kota Provinsi Sumsel,
Para Kapolres Jajaran Polda Sumsel salah satunya Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, dan para Dandim jajaran Kodam II Sriwijaya Provinsi Sumsel.

Peserta Rakor/FKPD, PJ Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni MSi, Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH,
Pangdam II Sriwijaya diwakili Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Efendi,
Kajati Sumsel Dr Yulianto SH MH, KPTA Palembang diwakili Hakim Tinggi Drs Johan Arifin SH MH, Danlanud Kolonel Pnb Rizaldy Efranza ST M NSS

Danlanal Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir SSos MM, Kabinda Sumsel Brigjen TNI Armansyah SH, Kepala BNN Provinsi Sumsel Brigjen Pol Joko Prihadi SH MH, Ketua KPU Provinsi Sumsel Andika Pranata Jaya,
Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Kurniawan SPd.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni MSi mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran para peserta rakor ini sebagai bentuk komitmen bersama bekerja keras dan berupaya menciptakan Sumsel yang terus lebih baik.

“Berkat kekompakan dan kerja keras yang sudah kita tunjukan bersama, capaian Sumsel beberapa tahun terakhir cukup menggembirakan. Di antaranya pertumbuhan ekonomi yang membaik, penurunan tingkat kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi daerah dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu wadah terintegrasi nya kab/kota di Sumatera Selatan agar berkolaborasi dan bersinergi bersama menciptakan serta memelihara kondusivitas bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kehidupan bermasyarakat di daerah melalui peningkatan urusan pemerintahan umum dan peran Forkopimda di Daerah.

Di antaranya, yaitu dalam menangani bencana, mencegah inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting, Pemilu dan Pilada Tahun 2024 guna mempertahankan Sumsel zero conflict.

“Pertemuan ini sengaja dilakukan untuk bersinergi dan berkoordinasi terkait apa yang dapat kita lakukan bersama. Serta sebagai sarana evaluasi, membahas persoalan yang dihadapi daerah serta langkah-langkah yang perlu dilakukan sesuai tupoksi masing-masing. Sehingga capaian yang ada menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Salah satu program prioritas Pemprov Sumsel yaitu penanganan bencana. Adapun bencana yang kerapkali terjadi di Sumsel seperti Banjir, angin putting beliung, kebakaran termasuk karhutla, tanah longsor dan erosi tepi sungai. Pemprov Sumsel selalu berupaya menyampaikan bantuan untuk meringankan beban penderita akibat bencana serta melakukan berbagai upaya pencegahan terjadinya bencana.

“Selanjutnya dalam menangani inflasi, Pemprov Sumsel telah melaksanakan berbagai upaya salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan operasi pasar murah, menyediakan bahan pokok murah terjangkau, dengan dukungan dari Bulog, PTPN dan perusahaan-perusahaan terkait, bahkan Bank SumselBabel yang juga turut membantu,” katanya.

Di samping itu, Kita harus bersinergi untuk menangani kemiskinan ekstrem dan stunting. Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga berdampak sosial dan ekonomi. Serta dalam Waktu dekat ini, salah satu yang akan kita hadapi adalah Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” jelasnya.

“Untuk Mendukung Perhelatan tersebut Kita Berupaya mengoptimalkan seluruh sarana yang dimiliki untuk mensukseskan setiap tahapan dalam proses pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan sesuai dengan tugas dan kewenangan kita masing-masing,” timpalnya.

“Marilah kita bersama-sama mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat baik di kabupaten maupun kota di Sumatera Selatan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Sumatera Selatan,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan diskusi bersama yang disampaikan oleh Para Forkopimda Sumsel terkait Penanganan Bencana, Mencegah Inflasi, Kemiskinan Ekstrem, Stunting, Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Sumsel. (Hms)