Masyarakat Talang Keramat Rela Antri Demi Mendapatkan Sembako Murah dan Pelayanan Kolaboratif

Banyuasin – Meteorsumatera

Operasi pasar murah digelar di Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa sangat antusias disambut oleh masyarakat Talang Keramat dan sekitarnya. Terlihat dengan banyaknya masyarakat yang antri untuk mendapatkan sembako murah dan pelayanan kolaboratif yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Rabu 31 Januari 2024.

Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH yang didampingi oleh Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj Merry Hani Rustam tampak kompak dan bersinergi penuh memantau pasar murah dan ikut melayani langsung masyarakat yang ingin belanja dan mendapatkan pelayanan kolaboratif.

Pj Bupati Banyuasin menjelaskan bahwa pasar murah ini merupakan wujud pelaksanaan dari intruksi serta Arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sumatera Selatan untuk terus menggelar pasar murah sampai akhir Tahun 2024 guna menekan laju Inflasi Daerah.

“Melihat antusias masyarakat Talang Keramat dan sekitarnya yang sangat ramai sampai jalanan macet membuat Kami Pemerintah Kabupaten Banyuasin merasa semakin semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Terima kasih kami ucapkan atas sambutan pasar murah ini, manfaatkan sebaik-baiknya, ” ungkapnya.

Hani Syopiar Rustam menambahkan bahwa kedepan akan terus bergulir giat seperti ini di kecamatan lainnya secara bergiliran. Sebagai mitra kami juga dari Dinas Dukcapil, DPMTSP, Dinas KB, Dinas Kesehatan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Ketahahan Pangan, Disperindag serta BUMD Sei Sembilang semua kita libatkan semata-mata untuk meringankan beban masyarakat yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Selain operasi pasar murah ada juga pelayanan kolaboratif berupa pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pelayanan KTP dan KK dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Banyuasin, Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, dan Pelayanan KB gratis dari DP2PAP2KB.

Dalam kesempatan ini juga, Hj. Merry bersama Pengurus TP PKK Kabupaten dan Pengurus TP. PKK Kecamatan Talang Kelapa ikut terlibat langsung mendukung operasi pasar murah yang digelar. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sumatera Selatan menekan laju inflasi dan juga menjalankan program kesejahteraan yang menyentuh masyarakat luas sesuai arahan Ketua Umum TP. PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian.

Adapun komoditas bahan pokok yang dijual di pasar murah kali ini di antaranya cabai merah keriting, cabai setan, bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, telur, sayuran, daging ayam kampung dan daging sapi/kerbau beku serta olahan produk UMKM seperti tempe dan kue oleh TP PKK Kelurahan Keramat Raya.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Banyuasin melalui Dinas Kesehatan memberikan Paket Susu dan makanan tambahan untuk 10 Balita Gizi Kurang dan 5 orang Ibu Hamil dan Tim Penggerak PKK memberikan Paket 2 kg telor untuk 4 orang Penderita Stunting, Paket Beras dan Sembako untuk 5 Orang Penderita Disabilitas.

Turut hadir Asisten II Setda Kabupaten Banyuasin, Noor Yosepth Zaath, ST., M. Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Masita Liana, SP, Kepala Dinas Komunikasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin, Dr H Salni Pajar, SAg., MHi, Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Banyuasin, Edil Fitriadi, SP., M. Si, Kepala Dinas Koperindag-UKM, Ir Alfian Soleh, MM, Kepala Dinas DP2PAP2KB, Ir Yosi Zartini, MM, Kabag Perekonomian dan SDA, Hj. Nurlaila, SSos, Camat Talang Kelapa, Salinan, SSos, MM, Ketua TP PKK Kecamatan Talang Kelapa, Masdiana Wati, S ST., M. Kes dan Lurah Talang Keramat, Leni Marlina. (SMSI Banyuasin)