SMSI Banyuasin Siap Mendukung dan Bersinergi Dengan PJ Bupati Banyuasin

Pisah Sambut Antara Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin Periode 2018-2023 Dengan PJ Bupati Banyuasin Disaksikan Ketua DPRD Banyuasin dan Sekda Banyuasin

Banyuasin – Meteorsumatera

Kemarin Senin 18 September 2023, Gubernur Sumsel H Herman Deru telah melantik tujuh (7) Penjabat (PJ) Kepala Daerah di Sumsel diantranya Hani Syopiar Rustam, SH sebagai Pj Bupati Banyuasin untuk melanjutkan tampuk pemerintahan di Bumi Sedulang Setudung mengingat masa pemerintahaan H Askolani, SH, MH dan H Slamet Somosentono, SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin telah berakhir 18 September 2023 kemarin. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Griya Agung Palembang siang hari keemarin.

Gubernur SumselĀ  H Herman Deru mengatakan bahwa pelantikan telah dilaksanakan artinya telah sah secara konstitusi dan secara hukum. Selamat mulai hari ini bapak ibu sekalian mengemban amanah yang begitu penting baik sebagai PJ Kepala Daerah dan Sekda kepada sahabat-sahabatku yang sudah menyelesaikan tugas baik 10 tahun dan 5 tahun.

PJ Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam, SH Didampingi PJ Ketua TP PKK Banyuasin Dalam Sambutannya

“Menjadi pemimpin ada tiga unsur utama pertama pemimpin pemerintahan kedua pemimpin pembangunan dan ketiga pemimpin masyarakat, semuanya sangat penting bahwa Pemerintah harus berjalan kondusif tidak serta merta memudahkan tangan untuk menandatangani sesuatu apalagi yang berdampak negatif terhadap individu maupun komunitas atau wilayah,” jelasnya.

Ditambahkan Gubernur Sumsel, dalam suatu pembangunan tidak ada yang boleh dimaklumi jika dijabat PJ maka pembangunan tidak berjalan tidak ada pemakluman untuk itu harus berjalan sesuai dengan keuangan daerah dan visi misi. Saya minta betul agar PJ yang baru dilantik agar berlaku santun di masyarakat apalagi akan menghadapi tahun politik. Saya ingin bapak ibu sekalian tetap berkomunikasi dengan baik terhadap pejabat-pejabat sebelumnya karena beliau-beliau itu bukan lawan politik anda bahkan ada di antaranya adalah guru dan mentor.

“Tentunya saya berharap untuk para PJ agar tetap berkomunikasi dengan pejabat sebelumnya berbagi ilmu pengetahuan, dan saya mohon juga kepada saudara-saudaraku yang masuk rest area atau yang harus pindah profesi berikanlah ilmu-ilmu terbaik kepada para PJ yang sedang menjabat untuk masa bakti sampai dengan keputusan berikutnya. Kepada keluarga PJ saya minta jaga marwah keluarga yang sedang ditunjuk agar menjalankan amanah dan martabat yang baik,” jelasnya.

Selain pelantikan Penjabat Bupati dan Walikota juga pelantikan Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Kota.

Selanjutnya pada hari yang sama, di Graha Sedulang Setudung (GSS) Pemkab Banyuasin, Pangkalan sekitar pukul 20.00 Wib digelarnya acara Pisah Sambut Serah Terim Jabatan (Sertijab) sekaligus Lepas Sambut antara Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin Periode 2018-2023 dan Penjabat Bupati Banyuasin. Kemudian Sertijab dan Lepas Sambut Plt Ketua PKK Kabupaten Banyuasin dengan PJ Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin.

Sementara itu, Ketua dan Pengurus SMSI Banyuasin ikut menghadiri undangan prosesi Sertijab dan Lepas Sambut tersebut di GSS Pangkalan Balai. Ketua SMSI Banyuasin, Sumantri, mengucapkan terima kasih kepada bapak H Askolani dan Pakde Slamet atas pengabdian dan dedikasinya terhadap Kabupaten Banyuasin selama 5 tahun kemimpinannya Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin tercinta ini.

Kami SMSI Banyuasin yang beranggotakan 35 Perusahaan Pers siap bersinergi dengan PJ Bupati Banyuasin dalam mempublikasikan pemberitaan-pemberitaan demi kemajuan Kabupaten Banyuasin karena kami yakin dan percaya Pemerintah dan Pers tidak bisa berjalan sendiri dalam mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan masyarakan di suatu daerah khususnya di Kabupaten Banyuasin ini.

Untuk lanjut Sumantri, SMSI yang katagorinya Organisasi Perusahaan Pers terbesar di dunia akan terus bersinergi tentusaja dalam menjalan tugas dan fungsinya masing-masing. “Jika tugas pemerintah daerah membangun, maka, di lain pihak tugas Pers seharus adalah menginformasikan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kepada masyarakat, sekaligus mengontrol kebijakan yang diambil pemerintah daerah. Kontrol yang dilakukan Pers dengan tujuan agar arah pembangunan yang sedang berjalan bisa sesuai dengan yang diinginkan bersama, tidak menyimpang dan keluar dari koridor aturan yang ada,”tegas pemilik media koran dan online Meteor Sumatera tersebut.

Alhamdullilah saya dan segenap anggota dan Pengurus SMSI Banyuasin telah sepakat mendukung penuh semua kebijakan PJ Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, SH kalau menyangkut kesejahteraan masyarakat di Bumi Sedulang Setudung ini.

Saya sebagai insan pers khususnya di Kabupaten Banyuasin ini mengharapkan agar PJ Bupati Banyuasin meningkatkan talisilatuhrahmi dengan insan pers yang bertugas di Banyuasin ini dan tidak bergaul dengan segelintir atau kelompok insan pers saja demi keadilan, ketentraman dan kenyamanan kawan-kawan media dalam melaksanakan tugas mereka karena saya yakin tugas dan fungsi kami semua sama sebagai insan pers, tutup Sumantri.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Irian Setiawan, SH, Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Dr Sukardi dan Ahmad Zarkasih, SHI, MM, Damdim, Kapolres Banyuasin, Ketua PN Pangkalan Balai, Kajari Banyuasin, Ketua Pengadilan Agama, OPD, Camat dan Lurah Se-Kabupaten Banyuasin, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta undangan lainnya. (SMSI Banyuasin)