Pj Bupati MUBA Sambut Tim Penilai Program Kabupaten Kota Sehat

Pj Bupati dan Pj Sekda MUBA Photo Bersama Tim Penilai Program Kabupaten Kota Sehat

MUBA – Meteorsumatera

Pj Bupati Musi Banyuasin (MUBA) Drs H Apriyadi MSi menyambut kedatangan Tim Penilai Pusat dan Provinsi Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 dalam acara ramah tamah di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Selasa 5 September 2023 malam.

Tim Penilai KKS Pusat dan Provinsi ini dipimpin oleh Teguh Supriadi dari Sekretaris Kabinet Kepresidenan bersama perwakilan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Apriadi dalam kesempatan tersebut menyambut hangat rombongan Tim Penilai Pusat dan Provinsi Sumatera Selatan. Ia bersyukur Kabupaten MUBA berpotensi kembali meraih penghargaan Kabupaten Kota Sehat yang sejak tahun 2019 telah berhasil meraih penghargaan dalam program KKS yakni Swasti Saba Padapa (tingkat Pratama), penghargaan kabupaten/kota yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri.

“Alhamdulillah MUBA masih diikutsertakan dan masuk lanjutan, untuk mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Orang yang diberi amanah menjabat Pj Bupati periode kedua ini pun tak menyangka Kabupaten MUBA menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan penilaian tim pusat dan akan berkesempatan mendapatkan Penghargaan Swasti Saba dari Program KKS Tahun 2023.

“Kami merasa banyak kekurangan dan kelemahan, tapi inilah batas kemampuan yang bisa kami lakukan. Saat ini kami tengah melakukan berbagai perbaikan sesuai tupoksi dimasing-masing perangkat daerah terutama pasca Covid-19, bertahap mengembalikan dan memaksimalkan layanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Lanjutnya, apa yang menjadi objek penilaian yang dilakukan oleh tim penilai, secara tidak langsung sudah laksanakan Pemerintah Kabupaten MUBA.

“Harapan kami insyaallah hasil penilaian ini akan berkenan di hati bapak ibu tim penilai, dan pada saatnya nanti Kabupaten MUBA akan mendapat apresiasi terutama kabupaten kota sehat, ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi kami, dan kado bagi masyarakat MUBA,” tandasnya.

Sementara Ketua Tim Penilai KKS Teguh Supriadi mengatakan kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Tim nya untuk validasi bagaimana implementasi kabupaten kota sehat diterapkan di Muba. Dirinya juga meyakinkan bahwa penilaian akan dilakukan secara objektif.

“Terimakasih atas sambutan hangatnya. mohon doanya, mudah-mudahan apa yang bapak ibu harapkan bisa tercapai,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini diantaranya Pj Sekda MUBA Musni Wijaya SSos MSi, Asisten II Setda MUBA Andi Wijaya Busro SH MHum, Kepala Dinas Kesehatan MUBA dr Azmy Dariusmansyah MARS, perwakilan dari Kemenkes RI Asep Suryakasumah SKM MKM, dan Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Evan Fardianto, serta OPD lainnya. (Tk)