Perdana, Mobil Penyuluhan Hukum Kejari Prabumulih, Masyarakat Banyak Bahas Hutang Piutang dan Lakalantas

  • Bagikan

Prabumulih – Meteorsumatera

Terobosanbaru dilakukan Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih dengan menggelar Mobil Penyuluhan Hukum ke kantor-kantor kelurahan di wilayah kota Prabumulih.

Program pelayanan hukum berupa pemberian konsultasi hukum gratis ini dipusatkan di kantor kelurahan Gunung Ibul, kecamatan Prabumulih Timur, kota Prabumulih, Kamis, 01 Desember 2022.

Dari pantauan, meski baru perdana dilakukan pihak Kejari Prabumulih, namun antusias masyarakat untuk mendapatkan layanan konsultasi hukum dari tim penyuluhan hukum, yang dipimpin langsung oleh Kajari Prabumulih, Roy Riady SH MH didampingi kasi Intel, Anjasra Karya, Kasi Barang Bukti Zit Muttaqin dan beberapa anggota lainnya ini cukup tinggi.

“Ini merupakan yang perdana kita lakukan sejak adanya bantuan mobil pelayanan hukum dari Kejaksaan Agung (Kajagung) untuk Prabumulih,” ujar Kajari Prabumulih, Roy Riady SH MH, ketika dibincangi awak media disela kegiatannya, Kamis 01 Desember 2022.

Menurut Kajari, hal itu dilihat dari banyaknya warga yang datang untuk menanyakan seputar masalah hukum.

“Kegiatan yang dilakukan di kelurahan Gunung Ibul ini, selain melakukan sosialisasi juga mendengarkan curhat hukum masyarakat dalam hal penegakan hukum. Dan hadirnya warga cukup banyak ini adalah bukti bahwa Kejaksaan dekat dan dicintai masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkan Kasi Intel, Anjasra Karya SH MH, bahwa selain program pelayanan hukum ini, pihaknya juga sudah melaksanakan program KIA di pusat perbelanjaan Citimall setiap Kamis sore pukul 15.00 WIB.

“Untuk hari ini kita melakukan konsultasi hukum gratis di kantor Lurah Gunung Ibul yang dimulai pukul 9 pagi sampai pukul 11.00 WIB.

Sebenarnya kita sudah mempunyai program (kia, red), yang kita pusatkan di citimall setiap kamis sore pukul 15.00 wib. Tujuannya yakni supaya masyarakat paham dan tahu tentang hukum,” urainya.

Anjas juga mengungkapkan, problem yang banyak ditanyakan masyarakat, yakni seputar masalah hukum hutang piutang dan kecelakaan. “Apapun yang ditanyakan masyarakat kita jawab dan dikonsultasikan,” ucapnya.

Terakhir, Anjas menyebutkan dengan adanya program penyuluhan hukum itu ia berharap dapat membantu masyarakat terutama dalam memahami masalah hukum.

“Semoga dengan adanya penyuluhan hukum ini, masyarakat bisa memahami, paham dan bisa menghindari hukuman.” tegasnya.

Sementara, Lurah Gunung Ibul, Fitriadi SH melalui Sekretaris Lurah Danti Fitriani SKM menyampaikan, ucapan terima atas kehadiran tim penyuluhan hukum gratis dari Kajari Prabumulih. “Kami sangat mengapresiasi giat tersebut,” jelasnya.

Fitriani pun menambahkan, dengan adanya giat penyuluhan hukum gratis tersebut, bisa membuka wawasan warga. “Umumnya masyarakat Prabumulih dan khususnya warga kelurahan Gunung Ibul,” harap Seklur cantik ini.

“Dan kami berharap warga yang hadir bisa berkonsultasi sekitar permasalahan hukum, simak dan dengarkan apa yang telah disampaikan. Dan ini tentunya sangat bermanfaat sekali,” tutupnya. (SMSI Prabumulih)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *