Kadin Kominfo Muba Hadiri Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City Tahun 2022

  • Bagikan

Jakarta Pusat – Meteorsumatera

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP mengikuti Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 dengan Tema “Recover Together, Recover Stronger”, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis 01 November 2022.

Dalam kesempatan itu Kadinkominfo Muba mengatakan partisipasinya disana adalah untuk mengikuti kegiatan seminar dalam rangka mencapai Program Gerakan Menuju Smart City dari Pemerintah Pusat.

Sejalan dengan kegiatan tersebut Kabupaten Muba sendiri katanya, telah mendapatkan Penghargaan di Kategori Smart Branding pada Kegiatan Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 silam.

“Smart branding merupakan salah satu dari enam pilar dalam membangun kota pintar, disamping smart governance, smart society, smart living, dan smart economy,” ujarnya disela acara.

Disamping itu lanjutnya, komitmen menjadi daerah yang kuat dalam teknologi informasi atau untuk kawasan perkotaan smart city saat ini Pemkab Musi Banyuasin bekerja sama dengan Telkom untuk mendukung percepatan Program Smart Regency yang dicanangkan Kabupaten Musi Banyuasin, sampai akhir tahun ini kita membangun infrastruktur jaringan internet (jaringan fiber optik) di 15 Kecamatan Kabupaten Muba Semua ini bisa dilakukan atas dukungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk membangun jaringan serat optik 13 kecamatan dan 2 kecamatan dukungan satelit (Vsat) dan starlink dalam Kabupaten Muba dan pembangunan Infrastruktur digital yang dibangun telkom non APBD tegas Sinulingga.

Ia menyebut kerjasama itu sebagai upaya terarah, terpadu dan berkelanjutan oleh semua pihak dalam pembangunan smart regency Musi Banyuasin.

Sinulingga juga mengatakan Pemkab Muba akan meningkatkan penggunaan teknologi informasi government to government, maupun citizen to government.

“Jika model komunikasi ini berjalan kita yakin pelaksanaan pelayanan publik berbasis teknologi informasi di Kabupaten Muba dan pelaksaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dapat berjalan dengan baik di Bumi Serasan Sekate yang kita banggakan,” bebernya.

Sementara Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono seminar diselenggarakan selama dua hari 30 November – 1 Desember 2022, dan diikuti Dinas Kominfo, provinsi, kabupaten kota se Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yan didukung asosiasi-asosiasi, tapi sampai hari ini kita juga mendorong asosiasi Kominfo lebih aktif mengagendakan kegiatan seperti ini, untuk membangun smart city,” pungkasnya.

Adapun narasumber pada seminar yang diikuti diantaranya, Director National Technology Officer Microsoft Indonesia Panji Wasmana, dan President Qlue Smart City Maya Arvini.

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dalam acara ini diantaranya, Pranata Humas Ahli Muda Yuandri SSTP, dan Pranata Komputer Ahli Muda M Dedy Mardiansyah SP MSi. (Yet)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *