Leli Hefni, Posyandu Remaja Cetak Generasi Sehat, Cerdas dan Berkualitas

  • Bagikan
Kegiatan Posyandu Remaja di Desa Teluk Kecamatan Lais, MUBA

MUBA – Meteorsumatera

Posyandu Remaja adalah suatu kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus bagi remaja, yaitu membahas kesehatan fisik serta mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Sedangkan kegiatan Posyandu Remaja ini terdiri dari pelayanan kesehatan, penimbangan dan pengukuran tekanan darah serta penyuluhan tentang masalah kesproduksi remaja dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti Napza, Seksualitas dan HIV/AIDS.

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa hari lalu di Dusun IV sekarang di Dusun I Desa Teluk Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) berkoloborasi Babinkamtibmas, TP PKK Desa dan Perangkat Desa, Rabu 23 November 2022.

Kepala Dinas kesehatan MUBA, dr H Azmi Dariusmansyah melalui Kepala UPT Puskesmas Lais Leli Hefni SKM Mkes menjelaskan bahwa Posyandu Remaja yaitu untuk menciptakan remaja terutama remaja putri tentang Kesproduksi dengan mengecek tekanan darah, tinggi badan, berat badan kemudian keluhan-keluhan lainnya.

Selanjutnya, kita memberikan edukasi tentang Kesproduksi karena dengan remaja yang sehat, usia remaja yang sehat juga. Nanti kalau sudah berumah tangga akan menghasilkan anak-anak yang tidak stunting,”Pencegahan itu lebih baik, maka dari itu untuk mencegah supaya jangan terlahir anak-anak stunting, identik dengan kemampuan otak sangat minim/kurang,”terangnya.

Untuk pecegahan sendiri sambung Leli, diadakan Posyandu Remaja seperti yang kita lakukan seperti ini tujuannya agar kita sudah menyiapkan dari awal remaja-remaja yang sehat, baik secara fisik maupun secara mental. Sehingga ketika waktu nya remaja putri menikah nanti dia akan bisa menerapkan di kehidupan berumah tangga mereka sehingga akan menciptakan generasi sehat, cerdas dan bebas dari stunting. Selain Posyandu Remaja kita selalu giatkan juga Posyandu balita, ibu hamil, Poskopindu dan Posyandu lansia, ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Lais Iptu Hendra Sutisna melalui Babinkamtibmas Desa Teluk Aipda Sunaryadi mengatakan kepada media ini bahwa Polsek Lais Polres MUBA sangat mendukung kegiatan positif seperti ini,”Tentusaja kami sangat mendukung program dari Dinas Kesehatan seperti ini, selain membantu memenimalisir terjadinya gizi buruk pada remaja serta dapat memperbaiki pola hidup sehat dan perkembangan masa tumbuh remaja,”ungkap Sunaryadi.

Kami berharap kegiatan ini dapat didukung sarana dan prasarana yang lebih baik lagi, kemudian masyarakat khususnya remaja putri dapat lebih menerima program tersebut, tutupnya. (Imam)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *