234 Balon Kades Ikuti Tahapan Pendaftaran Balon Kades Serentak 2022

  • Bagikan
kepala Dinas PMD Kabupaten Muba H Richard Cahyadi AP MSi

MUBA – Meteorsumatera

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor: 80 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan Bupati Nomor: 82 tahun 2019 tentang pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Musi Banyuasin Nomor: 6 tahun 2019 tentang pemilihan Kepala Desa,”

Tahapan pendaftaran Bakal Calon (Balon) Kepala Desa secara serentak tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2022 mendatang diikuti oleh 234 Balon dari 14 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin telah dimulai.

“.Pendaftaran Balon Kepala desa sudah dimulai sejak tanggal 18 Juli 2022 lalu dan akan ditutup pada tanggal 12 Agustus 2022 mendatang ,” jelas kepala Dinas PMD kabupaten Muba H Richard Cahyadi AP MSi melalui kepala Seksi Tata Pemerintahan dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa , Fitriadi, S.E diruang kerjanya ,Jum’at 5 Agustus 2022.

Kasi Tata Pemerintahan dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa , Fitriadi, SE

Lebih lanjut Fitriadi menjelaskan , hari ini masih melakukan tes tahapan persyaratan administratif Bakal Calon (Balon) kepala desa yakni : Tes psikologi, tes kesehatan dan tes bebas Narkoba . Tes ini berjalan sejak 19 Juli 2022 kemarin dan akan ditutup hari ini Jum’at 5 Agustus 2022 .

” Ya, Bakal Calon kepala desa yang memenuhi persyaratan dan lebih dari 5 calon Panitia akan melaksanakan seleksi tambahan, dengan dilakukan penilaian Kumulatif atas 4 variabel yakni, pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan tes tertulis”ungkapnya

Kemudian untuk penilaian sendiri ada 4 variable yakni, Untuk pengalaman kerja di pemerintahan bobot nilai 20%, , Untuk tingkat pendidikan bobot nilai 30%, Untuk usia bobot nilai 20% dan untuk tes tertulis bobot nilai 30%,” ungkapnya.

Selain itu sambung Fitradi, untuk tes tertulis Balon kades yang lebih dari 5 akan bekerja sama dengan FISIP UNSRI yang akan ditentukan dari hasil jawaban yang benar.

” Ada 100 soal pertanyaan, untuk 1 jawaban yang benar akan dikalikan dengan nilai 0,3 yang hasilnya akan menjadi skor hasil tes tertulis. Dari 3 skor dan nilai tes menjadi penilaian masing-masing calon , untuk di rengking 5 teratas akan ditetapkan menjadi calon kades oleh panitia pemilihan di desa masing – masing.

” Sampai hari ini sebanyak 235 Balon kades yang telah mengambil surat rekomendasi untuk tes di RSUD dan tes Wasbang di Kesbangpol,” Jelasnya.

Selain itu, Fitriadi juga mengatakan, dari semua desa yang akan melaksanakan Pilkades, ada 8 desa yang Balonnya lebih dari 5 dan ada 1 desa yang Balonnya Kades kurang dari 2 .”Untuk calon kades Minimal 2 orang dan maksimal 5 orang,” Bebernya. (Imam)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *