Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Banyuasin, Sosialisasi Posyandu Remaja Digelar, Upaya Cetak Generasi Cerdas Dan Bermutu

  • Bagikan

Banyuasin – Meteorsumatera

Kegiatan Sosialisasi Posyandu Remaja disosialisasikan dalam upaya mencetak generasi muda yang sehat, cerdas dan bermutu digelar di Mess Pemkab Banyuasin, Kamis 30 Juni 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj Neni Triharyani Slamet menghadiri pembukaan Sosialisasi Posyandu Remaja di 9 (sembilan) Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan Tahun 2022 ini.

Kegiatan ini diberikan kepada 5 (lima) Kecamatan yang belum memiliki posyandu remaja seperti Kecamatan Suak Tapeh, Kecamatan Pulau Rimau, Kecamatan Banyuasin III, Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Betung.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Banyuasin. Mengingat PKK sebagai gerakan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dengan Posyandu.

dr. Fitri menjelaskan bahwa posyandu remaja ini merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan remaja demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

 

“Di Kabupaten Banyuasin dari 305 desa/kelurahan yang ada, baru terbentuk 33 posyandu remaja yang terletak di beberapa Kecamatan di Kabupaten Banyuasin. Tentu ini masih sangat kurang, mengingat jumlah sasaran usia remaja di Kabupaten Banyuasin saat ini berjumlah kurang lebih 142 ribu orang,” paparnya.

Kabupaten Banyuasin sendiri sekarang memiliki 7 (tujuh) program yang 3 (tiga) nya selaras dengan kegiatan posyandu remaja yakni Banyuasin Sehat, Banyuasin Religius dan Banyuasin Cerdas.

Sementara itu, Wakil Ketua IV TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Hj. Salilul Huluwan Muster, M.M. Kes menjelaskan bahwa usia 10 sampai 18 tahun, usia ini sangat rentan terhadap berbagai permasalahan, baik masalah kesehatan fisik dan mental maupun psikososial. Usia remaja sangat rentan terhadap pengaruh yang kurang baik dari lingkungannya.

Apalagi remaja merupakan calon orang tua yang nantinya akan menghasilkan generasi penerus yang seharusnya dapat memberikan asuhan yabg terbaik untuk anak-anaknya.

“Untuk itulah pentingnya posyandu remaja ini disosialiasikan dan keberhasilan posyandu ini ditentukan oleh para pengelola posyandu. Posyandu remaja ini harus mendapat pembinaan dari lintas program dan lintas sektoral dari pokjanal posyandu,” tutupnya.

Turut hadir Pengurus TP PKK Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan dilingkup Kabupaten Banyuasin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *