Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Sumsel Peringati Hari Jadi Provinsi Sumsel Ke-76

  • Bagikan
Palembang – Meteorsumatera
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumsel ke-76 tahun 2022 yang dipusatkan di Dinning Hall komplek Jakabaring Sport City (JSC), Selasa 17 Mei 2022. pagi, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak semua elemen masyarakat Sumsel bahu-membahu menguatkan posisi Sumsel sebagai Provinsi Lumbung Pangan Nasional.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati didampingi Wakil Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas, Kartika Sandra Desi, dan Muchendi Mahzareki, dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya serta para undangan.

Turut hadir diantaranya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi beserta Ibu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H, Plt. Kajati Sumsel Drs. Naim SH. MH., Para Pimpinan BUMN dan BUMD se Sumsel, Para Bupati/Walikota se Sumsel,  Para Kepala Dinas Jajaran Sumsel, Gubernur Se Sumbagsel atau yang mewakili, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kab/Kota se Sumsel, para Anggota DPRD Sumsel, Forkominda Sumsel, Tokoh agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Sebelum memberikan kata sambutan ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj RA Anita Noeringhati. SH.MH, sempat memberikan pantun segar kepada semua peserta yang hadir.

Anita juga menjelaskan, sedianya hari jadi Provinsi Sumsel jatuh pada tanggal 15 Mei 2022 yang lalu. Karena bertepatan dengan hari libur serta adanya perayaan Waisak, maknya hari jadi provinsi Sumsel ke-76 diundur hingga tanggal 17 Mei 2022, kemarin.

Dijelaskannya peringatan hari jadi ini sendiri sebagai wujud syukur dengan memberikan ucapakn HUT Sumsel ke-76.

“Kita harapkan momentum ini akan semakin memantapkan serta meningkatkan dan memperkokoh semangat juang. Sehingga dapat menghantarkan Sumsl menjadi Provinsi terbaik, kedepannya,” ujarnya.

Dihadapan peserta yang hadir secara offline maupun virtual, dia juga mengatakan rapat dilakukan sebagai wujud sukur kepada Allah “Ini adalah wahana untuk merepleksi diri untuk mewujudkan pembangunan di Sumsel,” ujarnya.

Menurutnya, dengan penuh kesadaran tantangan kedepan tidaklah mudah. Sehubungan dengan covid-19, tentunya mengurangi banyak aktifitas dan sangat berdampak. Baik dari tingkat perekonomian rakyat. Karenanya agar visi serta wujud Sumsel kedepan semakin maju setidaknya diperlukan kerjasama dan bahu membahu.

 “Kita kenang sejarah bangsa, dengan bekerjasama bahu membahu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga Sumsel dapat maju seperti sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru,  menyampaikan dalam sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda tunggal DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka memperingati hari jadi Pemprov Sumsel yang jatuh pada 16 Mei 2022. Dikatakan Herman Deru pada tahun 2021, telah dilaunching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang merupakan salah satu program strategis guna mengubah mindset para petani Sumsel dari konsumen menjadi produsen. Mengubah pola hidup sebelumnya yang tergantung pada banyak pihak sekadar untuk memenuhi kebutuhan pokok agar menjadi mandiri. Dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan diharapkan pendapatan petani akan meningkat, mengurangi ketergantungan pemenuhan produk pertanian dari luar, serta dimaksudkan juga memutus rantai kemiskinan.
Peringatan hari jadi provinsi dalam beberapa tahun ini juga sangat spesial karena dilaksanakan masih dalam nuansa Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh menunaikan puasa Tahun 1443 Hijriah. Ini menjadi sebuah momen spesial terutama bagi umat muslim agar para pelaku pembangunan, baik eksekutif maupun legislatif melakukan muhasabah atau evaluasi terhadap diri dan provinsi yang tercinta.
Lebih jauh dikatakan Herman Deru saat ini Pemprov Sumsel bisa survive sampai sekarang tak lepas dari adanya para pendahulu. Baik Pimpinan Daerah juga legislatif sampai periode sekarang HDMY yang dipercaya memimpin daerah dengan berbagai dinamika.
Di hari jadinya ke-76 ini lanjut Herman Deru, Pemprov Sumsel juga mendapat kado istimewa. Dimana Sumsel mencatatkan capaian sebagai Provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera. Prestasi ini tak lepas dari kerja keras dan sinergi semua pihak, DPRD, Forkopimda dan juga masyarakat.
(Murnadi)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *