Pemasangan Baleho APBDesa, Bukti Transparansi Pemdes Daya Makmur

  • Bagikan

Banyuasin – Meteorsumatera

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin ini patut ditiru. Kepala Desa Daya Makmur Mohammad Rohimin, SPd.I MSi bersama Sekretaris Desa Daya Makmur, Wardani Adhiwinata dan Ketua BPD Desa Daya Makmur, Winarko. SPd bersama-sama memasang baleho APBDesa Tahun 2022 tersebut. Pada baleho itu tertulis dengan jelas tentang keuangan yang didapat dari Pemerintah baik dana bersumber dari Dana Desa (DD) maupun dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Kepala Desa Daya Makmur, Mohammad Rohimin SPd.I MSi melalui Sekretaris Desa Daya Makmur, Wardani Adiwinata mengatakan bahwa pemasangan baleho APBDes itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2014, tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 40 ayat 1 tentang Laporan Realisasi dan Pertanggung jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes.

Kemudian, berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pada Pasal 39 Ayat 1 yaitu Kepala Desa menyampaikan informasi mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) kepada Masyarakat.

Menyikapi points diatas lanjut Wardani, Pemerintah Desa Daya Makmur melaksanakan pemasangan Baleho APBDesa dimaksud pada Selasa 5 April 2022. “Dengan dipasang nya Baleho APBDesa Tahun 2022 ini agar kiranya masyarakat bisa mengetahui Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, beleho ini memuat tentang keuangan yang didapat dari Pemerintah baik yang bersumber melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin serta penggunaan anggaran dimaksud yang meliputi Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan dan Bidang Penanggulangan Bencana Darurat atau Mendesak yaitu Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD),”tukasnya.

Pemasangan baleho di Desa Daya Makmur ini bertujuaa agar masyarakat dapat mengetahui segala pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa secara jujur dan transparan. “Sehingga masyarakat Desa Daya Makmur bisa ikut memantau dan mengawasi langsung pembangunan desa, tutupnya. (AD)

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *