Aplikasikan Asas Pengelolaan Keuangan Desa Yang Transparan, Pemdes Sidomulyo 18 Pajang Baleho Realisasi APBDes 2022 Ditempat Strategis

  • Bagikan

Banyuasin – Meteorsumatera

Bukti ke transparanan Pemerintah Desa Sidomulyo 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin didalam pengelolaan dan laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2022 tertulis secara rinci pada Baleho berukuran besar dipasang di Kantor Desa Sidomulyo 18. Pemasangan Baleho dikantor desa tersebut dinilai sangat strategis untuk dilihat masyarakat.

Kepala Desa Sidomulyo 18, Muslih SH Bersama Keluarga

Kepala Desa (Kades) Sidomulyo 18, Muslih SH didampingi Sekretaris Desa, Mitakul Huda SSos.I ketika diwawancarai media ini menjelaskan bahwa pemasangan Baleho APBDes itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 113 Tahun 2014, tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 40 ayat 1 tentang Laporan Realisasi dan Pertanggung jawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes.

Kemudian, berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pada Pasal 39 Ayat 1 yaitu Kepala Desa menyampaikan informasi mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) kepada Masyarakat, ungkap Kepala Desa dua periode tersebut.

Baleho tersebut lanjut Muslih, dipasang sekitar tanggal 20 Februari 2022,”Langkah ini merupakan upaya Pemerintah Desa Sidomulyo 18 untuk mengaplikasikan asas pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib serta disiplin anggaran, jadi didalam pengelolaan anggarannya tidak ada yang ditutup-tutupi,”tegas Kades.

Selain itu sambung Muslih, Pengelolaan keuangan ini merupakan segala bentuk kegiatan administratif apa yang dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan  serta pengawasan yang kemudian di akhiri dengan laporan pertanggungjawaban terhadap siklus ke luar masuknya dana/ uang pada kurun waktu satu tahun anggaran. Saya mengharapkan dari Pemasangan Baleho ini masyarakat bisa mengetahui laporan realisasi APBDes Tahun 2022 ini, harapnya. (AD)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *