Pencegahan Sejak Dini, Antisipasi Karhutbunlah

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

dalam mencegah terjadinya Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) yang terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) hal utama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan.

Pencegahan sejak dini dapat dilakukan secara rutin dengan memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat dan pemilik lahan.

Hal itulah yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi banyuasin di aula Kecamatan Lais Pada Kamis, 10 Maret 2022.

Selain Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza dihadiri Kasi Intel Kejari Muba, Abu Nawas, Kapolsek Lais, Iptu Amran Yusuf, Danramil 401-03 Sekayu, Kapten Infantri M. Yamin, Pihak PT. Medco E&P, PT AIM Serta Perusahaan Lain nya,Kepala Puskesmas,Kades dan Ketua BPD Sekecamatan lais.

Kepala BPBD Muba melalui Sekretaris BPBD Musi banyuasin Ir. Syamsul Rizal M. Si menyampaikan, bahwa Sosialisasi, imbauan dan edukasi tentang pencegahan Karhutbunlah ini dilakukan untuk menghadapi musim kemarau, menurutnya banyak aktivitas dari masyarakat melakukan pembersihan lahan.

Dalam kesempatan tersebut dirinya minta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar serta diharapkan di desa desa dapat membentuk relawan dan BPBD Muba siap memberikan pelatihan.

Sekretaris BPBD ini juga meminta perusahaan perusahaan yang beroperasi di wilayah kecamatan Lais dapat memberikan kontribusinya dalm mencegah kebakaran hutan , kebun dan lahan.

Sementara itu Camat Lais Demon Hardian Eka Suza dalam sambutannya mengajak seluruh Kepala Desa diwilayah kecamatan lais untuk sama-sama terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan, kebun dan lahan.

Menurut Demon, Selain mencegah agar tidak terjadinya tindak Pidana pembakaran hutan, kebun dan Lahan, hal ini sangat diperlukan sebagai edukasi bagi masyarakat
Sosialisasi Kebakaran hutan, kebun dan lahan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba. (Imam)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *