Urus KTP, KIA dan KK, Cukup Dikantor Camat 5 Menit Selesai

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

Camat Sanga Desa (Sandes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hendrik SH MSi, memfasilitasi Sosialisasi Administrasi Kependudukan Program Inovasi Administrasi Kependudukan Langsung Jadi (Administrasi KELADI) diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Musi Banyuasin di ruang Aula Kantor Camat Sandes, Senin 18 Oktober 2021 tadi.

Dalam kesempatan tersebut Camat Sandes mengatakan bahwa program tersebut merupakan momentum transformasi pelayanan yang diharapkan mampu menjawab keluhan masyarakat yang selama ini, karena program administrasi KELADI kependudukan langsung jadi.

Boleh dikatakan lanjut Camat, saya mewakili masyarakat Sanga Desa sangat bersyukur dengan program tersebut. Selama ini bila mau berurusan memerlukan waktu, tenaga dan biaya. “Alhamdullilah berkat Program KELADI ini semuanya diserahkan dengan kita di Kecamatan, maka sekarang masyarakat dipermudah bila mau mengurusi kependudukan langsung jadi,”kata Hendrik.

Untuk Kepala Desa dan Lurah dalam Kecamatan Sanga Desa agar mensosialisasikan program KELADI ini kepada masyarakat agar tidak lagi mengurus kependudukan ke Sekayu cukup di Kantor Camat saja karena sekarang administrasi kependudukan seperti KK, KTP, KIA bisa langsung jadi di Kecamatan, ujar Camat.

Sementara, Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muba, Sunaryo SSTP MM. melalui Sekretaris Disdukcapil M Salim ST MSi, menjelaskan bahwa inovasi administrasi KELADI mendorong tagline yang sedang digencarkan oleh pemerintah.

Kalau pelayanan administrasi bisa langsung jadi kenapa mesti pungli. Kendala selama ini, proses administrasi kependudukan yang berbelit-belit, memakan waktu lebih dari setengah hari, kemudian alur pelayanan yang tidak jelas. “Maka dari itu kita one stop service satu pintu, cukup waktu 30 menit pelayanan administrasi bisa selesai, bahkan kalau pembuatan KTP cukup waktu 5 menit selesai,” tambah dia.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil, cukup di kantor kecamatan bisa, tutup Salim. (Mus)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *