Berawal Ditilang, Disabilitas Ini Bekerja di Lantas Muba

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

Perhatian terhadap disabilitas dilingkungan pemerintahan menjadi isu serius termasuk di tubuh Polisi Republik Indonesia ( Polri).

Seperti yang dilaksanakan oleh Polres Musi Banyuasin (Muba), khsusunya Satuan Lalu Lintas, yang memberdayakan salah satu Disabilitas yang selama ini sulit mencari pekerjaan yang layak.

“Benar kami memperkerjakan salah satu Tuna Rungu (Tuna Wicara ) yang memiliki kemampuan, dan selama ini sulit pekerjaan yang layak,” terangnya Kasat Lantas Polres Muba AKP. Sandi Putra, S.IK, Senin 19 Juli 2021, saat diwawancarai.

Sandi mengatakan, penyandang disabilitas yang akan dipekerjakan bernama Yasa, 50 tahun warga Kampung Ogan, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu. Inisiatif memberdayakan disabilitas, diceritakannya, berawal dari patroli rutin pada Jumat 16 Juli 2021 disekitar Pasar Talang Jawa, melihat salah satu pengendara motor yang tidak menggunakan helm dan melawan arus. Sehingga langsung diberhentikan, kemudian dilaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan. “Hasil pemeriksaan, ternyata pengendara tidak bisa berbicara dalam memberikan penjelasan, sehingga diberikan sanksi dengan membawa kendaraan ke kantor Satlantas Polres Muba,” bebernya.

Setelah diajak ke Polres, kata Kasat Lantas, pihaknya tidak memberikan sangsi tilang ataupun penahanan melainkan diberikan sosialisasi tentang cara mengendara yang aman dan sesuai aturan. “Kendaraan beliau kami kembalikan dan kami berikan pengertian serta akan diberikan SIM khusus disabilitas,” terangnya.

Mantan Danki Brimob ini juga mengatakan, setelah Yasa pulang, maka timbul ide untuk merangkulnya untuk bekerja di Satlantas Polres Muba. Ditambah dengan informasi bahwa pekerjaan yang saat ini tidak menentu dan terbilang sulit.

“Setelah beliau pulang saya langsung mencari info tentang kesehariannya, sehingga kami langsung mengambil inisiatif untuk mengajak bergabung dan kemungkinan akan menjadi contoh bagi disabilitas lainnya dalam menggunakan kendaraan,” pungkasnya.

Sementara itu Staf Khusus Bupati Muba, Bidang Pemberdayaan Disabilitas Chandra Wijaya, SH mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang diambil dan dilaksanakan oleh Satlantas Polres Muba dengan memberdayakan disabilitas.

“Saya mewakili kawan-kawan disabilitas sangat mengapresiasi langkah oleh Kasat Lantas Polres Muba, dan diharapkan menjadi contoh bagi instansi lainnya,” katanya.

Chandra mengungkapkan, langkah Satlantas Polres Muba akan menjadi atensi khasus dan disampaikan langsung kepada Bupati Muba sebagai pemangku kebjikan. Sehingga nantinya akan ada disabilitas lainnya bisa diberdayakan.

“Saya akan sampaikan langsung dengan bapak Bupati Muba, sehingga mampu memberdayakan kawan-kawan disabilitas lainnya,” tutupnya. (Imam)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *