Susun Masterplan Smart City Pemkab Empat Lawang MOU Bersama UGM

  • Bagikan

Empat Lawang – Meteorsumatera

Dalam penyusunan Masterplan Smart City, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, MOU bersama Universitas Gadjah Madah (UGM) Yogyakarta.

Bahkan tim dari UGM Yogyakarta datang langsung dan menjadi narasumber pada kegitan Forum Group Discussion (FGD) Masterplan Smart city dengan UGM, diruang rapat Madani, Kamis 17 Juni 2021.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui PJ Sekda Empat Lawang Indra Supawi dalam sambutannya mengatakan, pada dasarnya tujuan Smart City ini untuk mengoptimalkan fungsi kota, dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menggunakan teknologi pintar dan analisis data.

“Penerapan Smart City ini sendiri tidak lepas dari tantangan, baik dari sisi infrastruktur maupun keamanan,” ungkap PJ Sekda Empat Lawang.

Untuk mengatasi tantangan dan menerapkan Smart City ini lanjut mantan Camat Pasemah Air Keruh (Paiker) tersebut, ada beberapa tahapan penerapan solusi Smart City secara terarah dan optimal.

Solusi tersebut mencakup masterplan, implementasi hingga sosialisasi ke masyarakat. Maka dengan tahapan-tahapan tersebut, implementasi Smart City ini dapat berjalan dengan lebih optimal sehingga dapat membantu pemerintah menerapkan Daerah yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

” Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini penerapan konsep Smart City benar-benar dapat diintegrasikan di Kabupaten Empat Lawang. Yaitu melalui FGD kegiatan Penyusunan Masterplan Smart City,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Empat Lawang Agus Rochaman Basuki mengatkan, kegiatan penyusunan masterplan smart city ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dan dasar, dalam pengembangan smart city di Empat Lawang.

Dengan begitu melalui kegiatan ini, Empat Lawang dapat melengkapi dan menindaklanjuti kajian-kajian sebelumnya. Serta dapat mendukung kebijakan, program dan kegiatan di Kabupaten Empat Lawang khususnya terkait dengan Pengembangan terwujudnya Smart City.

FGD Masterplan Smart City ini sambung Kadis Kominfo, bertujuan untuk menyusun grand desain dalam bentuk Masterplan Smart City Empat Lawang melalui pengembangan Infrastruktur cerdas yang memanfaatkan teknologi.

Serta Menciptakan Inovasi cerdas masyarakat dan membantu dalam membangun wilayah yang lebih berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

” Dan Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang mampu mempersiapkan serta mengimplementasikan konsep Smart City dengan baik sesuai dengan karakter dan potensi yang dimiliki,” ujarnya. (SMSI 4 Lawang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *