Breaking News Musi Banyuasin

Mantab, 70 Unit Jamban Bakal Dibangun di Desa Teluk

MUBA – Meteorsumatera

Salah satu komitmen Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan Beni Hernedi selaku Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan upaya pembangunan hingga ke pelosok-pelosok desa sudah terbukti dan sudah dirasakan masyarakat di Bumi Serasan Sekate ini.

Salah satunya pembangunan tersebut dirasakan oleh masyarakat Desa Teluk Kecamatan Lais, Muba, melalui Dinas Perkim Muba desa ini mendapat jatah 70 jamban dibangun dan disambut antusias masyarakat teluk.

“Alhamdullilah Desa Teluk mendapatkan bantuan Hibah Air Limbah Setempat (HALS) tahuh 2021 ini, terdiri dari Jamban, Tangki Septic serta bak resepannya,”ujar Kepala Desa Teluk, Nuraidah, Rabu 9 Juni 2021 kemarin.

Bantuan tersebut lanjut Nuraidah dari Pemkab Musi Banyuasin melalui dinas terkait yakni Dinas Perkim Muba, 70 unit jamban. Untuk tahap pertama ini dibangun 28 unit sisanya ditahap kedua nanti,”semua jamban tersebut akan dibangun oleh tukang putra daerah sendiri, tidak melibatkan tukang dari luar,”tegas Kades wanita tersebut.

Kami masyarakat Desa Teluk berharap agar kedepannya mendapatkan jamban kembali, mengingat warga Desa Teluk rata-rata BAB ke sungai, untuk itu kami berharap bantuan segera terealisasi agar warga tidak lagi BAB ke sungai mengingat sudah tersedianya jamban yang cukup, harap Kades.

Saya atas nama masyarakat Desa Teluk mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati melalui Dinas Perkim Muba, tim pengawas telah turun langsung mendampingi warga dalam program penerima manpaat pembuatan jamban di Desa Teluk ini, ujar Kades.

“Kepada warga yang belum mendapatkan bantuan Penerima Manpaat Jamban diharapkan bersabar dulu kita akan ajukan lagi ke Dinas Perkim semoga apa yang kita ajukan tahun depan bisa terlealisasi,” harapnya.

Saya selaku Kades menghimbau kepada masyarakat Desa Teluk khususnya, mudah-mudahan dengan adanya bantuan Jamban ini yang tadinya Buang air Besar (BAB) disungai dengan adanya bantuan Jamban ini mereka tidak lagi BAB kesungai dan tentu saja air sungai terjaga akan kebersihanya, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Muba Ir Rismawati Gathmyr, MEng melalui PPK Kegiatan Sudinarta Jayasana ST, mengatakan sumber dana APBD Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2021 Untuk kegiatan hibah air limbah setempat (HALS) tahun 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin terdapat 4 kecamatan yang mendapatkan program tersebut yaitu Kecamatan Lais dengan 10 desa sasaran, Kecamatan Sekayu dengan 6 desa sasaran, Kecamatan Lawang Wetan 10 desa sasaran dan Kecamatan Sanga Desa dengan 4 desa sasaran.

Progres phisik total program HALS 2021 di Desa Teluk sampai saat ini mencapai 16, 79% dengan rata2 per minggu 5, 43%, sekarang sudah berjalan baru 3 minggu, target capaian phisik 100% sampai minggu ke 4 bulan Juli.

Sudinarta menambahkan program ini merupakan salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Musi Banyuasin, khususnya yang berada didaerah bantaran sungai. Diharapkan, output yg didapat dalam kegiatan ini, dapat menjadikan Kabupaten Musi Banyuasin menjadi Kabupaten dengan capaian ODF 100%, jelasnya. (Imam)