Breaking News Jakarta Pendidikan

DPMD Muba dan Bank SumselBabel Cab Sekayu Ikuti House Training Aplikasi CMS

Jakarta – Meteorsumatera

Kegiatan In House Training Aplikasi Cash Manajement Sistem (CMS) salah satu tujuannya untuk untuk meningkatkan Implementasi Aplikasi Siskeudes Online. Dinilai kegiatan tersebut penting untuk dipelajari maka Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Kepala Cabang (Kacab) Bank SumselBabel Sekayu diwakili Wakil Bidang Pelayanan Netty Rianasari. Training Aplikasi CMS digelar di kantor BPKP Pusat dijakarta. Admin Siskeudes dinas PMD Muba dikoordinatori oleh Riduan SE MSi, Selasa 9 Juni 2021.

H Richard Cahyadi AP MSi selaku Kepala Dinas PMD Muba, menjelaskan mengenai kegiatan In House Training Aplikasi CMS koneksi Aplikasi Siskeudes online dan Aplikasi Bank SumselBabel Cabang Sekayu.

“Kegiatan ini merupakan Peningkatan Implementasi Aplikasi Siskeudes Online di seluruh desa di Bumi Serasan Sekate ini, aplikasi CMS merupakan inovasi pengembangan Aplikasi Siskeudes dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI),”ungkap Richard.

Kemudian lanjut mantan Pj Walikota Prabumulih ini, Penerapan Aplikasi CMS koneksi Aplikasi Siskeudes online akan digunakan oleh Pemerintah Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin terkoneksi langsung dengan setiap transaksi penerimaan dan pengeluaran desa yang dilakukan Kepala Desa dan Bendahara Desa di Bank SumselBabel. Agar Aplikasi CMS dapat diimplementasikan pada Tahun 2021 di 227 Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin,” Jelas Richard.

Selanjutnya, Dinas PMD Muba akan menyusun Peraturan Bupati (Perbub) tentang pengelolaan Aplikasi tersebut, melakukan MOU dengan Bank SumselBabel Cabang Sekayu serta melakukan sosialisasi kepada Kepala Desa dan Operator Siskeudes, jelasnya.

Lalu, Pemerintah Desa dapat melakukan transaksi pembayaran non tunai ke pihak penyedia barang dan jasa sehingga transaksi dapat dilakukan dengan akuntabel dan update serta rekonsilitasi rekening koran Bank dan saldo rekening desa dapat dilakukan setiap saat,” ujar mantan Camat Sungai Lilin ini.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa BPKP RI, Adil Hamonangan Pangihutan Simanjuntak sangat menginpresasi dengan perkembangan tata kelola Dana Desa (DD) di Sumsel terkhusus kabupaten Musi Banyuasin.

“Itu sala-satu wujud nyata Pemda Muba benar-benar menginginkan tata kelola keuangan desa yang akuntabel karena Siskeudes banyak yang kita petik, artinya bisa menyajikan pertanggungjawaban keuangan desa secara cepat dan akurat,”tegas Adil.

Kalau Siskeudes sudah di rancang berdasarkan Peraturan-Peraturan tata kelola keuangan yang ada, seperti Permendagri no 20 tahun 2018, sehingga kalau ada transaksi di luar itu akan di tolak oleh sistim, dan kalau ada orang-orang yang tidak mempunyai kewenangan mempergunakannya akan di tolak terus oleh sistim ini memang bisa membantu , mempercepat mengelola data, memberikan laporan, sangat mendukung kinerja inspektorat bidang pengawasan Dana Desa, dan keuangan desa bisa dilayaninya oleh siskeudes,” ungkap Deputi ini.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah di capai teman-teman dalam Kabupaten Musi Banyuasin tentunya dalam pembinaan Dinas PMD Muba,”pungkasnya. (Imam)