Breaking News Pendidikan Sumsel

Sumsel dan Negara Rumania Bakal Kerjaama Bidang Iptek, HD Sorot Sejumlah Poin

Palembang – Meteorsumatera

Negara Rumania melirik salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan di Provinsi Sumatera Selatan. Sabtu 29 Mei 2021 negara bagian Uni Eropa tersebut mengirimkan delegainya dalam rangka kerjasama dan misi investasi dari pengusaha Rumania ke Sumsel.

Kedatangan rombongan delegasi Rumania tersebut langsung disambut Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) di di Griya Agung, Palembang, Sabtu tadi.

Kesempatan tersebut HD menjelaskan beberapa poin yang dapat dilakukan kerjasama antara Sumsel dengan Negara Rumania. Kerjasama tersebut berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mendongkrak perkembangan Sumsel.
“Kita lebih tertarik untuk bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumsel ini butuh itu (ilmu pengetahuan) agar Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ini dapat terkelola dengan baik,” kata Herman Deru.

Orang nomor wahid di Bumi Sumatera Selatan tersebut menambahkan bahwa yang dibutuhkan oleh Sumsel seperti kerjasama di bidang sumber daya air, baik air untuk pemanfaatan pertanian maupun untuk konsumsi.

Kedua, Kerjasama di bidang modifikasi cuaca juga dinilai penting. Apalagi, setiap tahunnya Sumsen kerap dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), tentunya Sumsel harus memiliki teknologi yang mumpuni sehingga penanganan karhutla dapat lebih efisien, kata Gubernur.

Sementara, Duta Besar (Dubes) RI untuk Rumania dan Republik Moldova Amhar Azeth mengatakan, perkembangan teknologi saat ini memang dibutuhkan oleh Sumsel. Hal itu untuk mendongkrak pengelolaan potensi SDA yang begitu banya di Sumsel ini. Apalagi, Sumsel ini memiliki perkebunan karet yang cukup luas dan produksi kopi yang dikenal.

Lanjut Moldova bahwa upaya untuk kerjasama dengan negara Rumania ini prosesnya telah dilakukan selama satu tahun.

Dubes tersebut menjelaskan bahwa proses ini lebih dari satu tahun lalu. Kita bersyukur saat ini bisa terwujud. Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (AD/Hum)