Banyuasin Breaking News hukum

Ronaldo : Melalui SDP, 620 WBP Lapas Kelas II Banyuasin Terima Pengurangan Masa Pidana

Banyuasin – Meteorsumatera

Senyum bahagia terlintas diwajah 620 orang Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP) Lapas Kelas II Banyuasin yang beragama Islam. Senyum bahagia tersebut ketika menerima pengurangan masa pidana atau Hak Remisi Khusus (RK).

Pemberian Remisi tersebut bertepatan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Dari jumlah tersebut 611 orang mendapatkan RK I atau pengurangan sebagian dan 9 orang mendapatkan RK II (6 orang langsung bebas dan 3 orang masih menjalani subsidair.

Demikian dikatakan Ronaldo D Talesa AMd IP SH MH selaku Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin, menuturkan bahwa pemberian RK Idul Fitri 1442 H tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi WBP untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pembinaan di Lapas, Rabu 13 Mei 2021.

“Dari 620 usulan remisi, terdiri rincian sebagai berikut, 15 hari sebanyak 205 orang, satu bulan sebanyak 334 orang, 1 bulan 15 hari sebanyak 77 orang, 2 bulan sebanyak 4 orang,” Ungkap mantan Kalapas Sekayu Musi Banyuasin tersebut.

Ronaldo menjelaskan bahwa menambahkan, pemberian hak remisi itu dilakukan secara online dan transparan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Semua WBP yang telah memenuhi syarat akan diusulkan secara otomatis, karena itu sudah menjadi hak mereka.

“Remisi sudah menjadi salah satu hak WBP untuk diberikan oleh pihak Lapas, dengan catatan telah memenuhi syarat, berperilaku baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran, semoga remisi ini dapat meningkatkan kesadaran WBP untuk tetap berprilaku baik sampai kembali je lingkungan keluarga” jelasnya. (AD)