Banyuasin Breaking News

Bersumber DD 8 Persen, Desa Daya Makmur Laksanakan Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Covid-19

Banyuasin – Meteorsumatera

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2021. Dana dimaksud untuk pengendalian pandemi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga melalui  dana desa ditentukan penggunaanya untuk tiga hal.

Tiga hal berskala desa itu adalah pertama untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, kedua untuk Aksi Desa Aman dari COVID-19, dan ketiga adalah pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 skala desa.

Berdasarkan Instruksi Menteri Desa PDTT Nomor 1/2021 tentang penggunaan dana desa tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPKM skala mikro di desa, maka DD dapat digunakan untuk PPKM Skala Mikro sesuai kewenangan desa.

Mengacu pada Surat Edaran Menteri Keuangan dan Intruksi Menteri Desa PDTT. Pemerintah Desa (Pemdes) Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah melaksanakan kegiatan kegiatan edukasi dan sosialisasi Covid-19, Demikian dikatakan Pj Kepala Desa Daya Makmur, Harwanto SIP, MSi melalui Sekdes Daya Makmur Wardani Adhiwinata, Rabu 13 Mei 2021.

Kegiatan yang telah dilaksanakan jelas Wardani diantaranya, Edukasi dan sosialisasi, pembuatan posko siaga Covid-19 serta kelengkapan sarana dan prasarana rumah isolasi Covid-19 melalui sumber Dana Desa 8 persen. Tentusaja Pemerintah Desa Daya Makmur melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan serta pengadaan hand sanitezer.

Kami juga terus menghimbau kepada warga agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan hindari kerumunan,” Kalau itu dilakukan maka Insya Allah kita akan terhindar dari virus yang telah membuat jutaan orang di dunia meninggal,”ujar Sekdes serta Ketua PPDI Kecamatan Muara Padang tersebut. (AD)