Advertorial Musi Banyuasin Peristiwa Uncategorized

Medco E&P Indonesia Berhasil Tangani Kebocoran Pipa, Camat dan Polsek Lais Tinjau Lokasi

MUBA – Meteorsumatera

4 Desember 2020 lalu, Pekerja PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) telah berhasil menangani kebocoran pipa minyak di Desa Lais Utara Kecamatan Lais Musi Banyuasin. Pemerintah Daerah (Pemda) dan Polsek Lais Polres Muba melakukan peninjauan langsung ke lokasi dan memastikan kondisi lokasi kebocoran pipa tersebut.

PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) mendukung peninjauan dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Lais ke lokasi pipa minyak di Desa Lais Utara, Musi Banyuasin, Jumat 4 Desembar 2020. Para Pekerja Medco E&P telah berhasil menangani kebocoran pipa dan Pemerintah daerah serta Polsek Lais melihat langsung ke lokasi pipa tersebut.

Terkait kejadian ini, Perusahaan juga telah berkoordinasi dengan kepala desa, warga yang terdampak dan aparat terkait lainnya. Perusahaan berharap dukungan dari semua pihak agar dapat terus menjalankan operasi dengan aman dan lancar. “Oleh karena itu, kami berterima kasih atas dukungan dari Forkopimcam melalui peninjauan ini,” ujar VP Relations and Security Medco E&P Drajat Panjawi.jelasnya singkat

Polres Muba Melalui Kapolsek Lais Iptu Herman Junaidi SH mengatakan Alhamdulillah pihak PT Medco E&P cepat menungulangi setiap ada kebocoran korosi yang disebabkan oleh katakanlah faktor alam karena pipa tersebut sudah tua sudah hampir 30 tahunan kalau menurut keterangan dilapangan tadi.

Artinya tegas Herman, dari pihak Medco cepat merespon setiap kejadian itu dan untuk masyarakat yang terkena imbas kejadian itu dan mereka singap menangulangi tinggal beberapa titik yang belum karena memang banyak nya komplen dari masyarakat jadi bukan artinya diterbengkalaikan atau tidak ditindak lanjuti tetapi menunggu waktu,tetapi untuk penyelesaian nya pihak Medco sudah menyelesaikan dengan cara terbaik dengan masyarakat dan masalah sungai kita lihat tadi sudah dibersihkan dari pihak Medco tidak ada masalah dan saya garis bawahi permasalahan nya sudah selesai artinya masyarakat yang komplen sudah tidak ada lagi, jelasnya.

Camat lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP.MSi saat dikonfermasi mengatakan dapat laporan dari masyarakat kejadian tanggal 07 November,kemudian tanggal 29 November dan tanggal berikutnya,setelah kami cek kelapangan memang ditindak lanjuti pihak PT Medco didua titik yang kita ketahui memang pipa korosi kemudian tadi ada satu diilegal teping dan itu dalam proses dipolres muba setelah dapat informasi dari pak kapolsek tadi.

Lanjut Demoon untuk yang lumpur memang tadi sudah disampaikan dari pihak Medco laporan sudah masuk tapi dari manejemen belum menindak lanjuti dan harapan kita harus nya ditindak lanjuti menyeluruh.

Masih kata Demoon kemudian dari pihak desa juga sudah melakukan rapat dengan pihak Medco dan hasil rapat tersebut mereka bersedia memperbaiki termasuk mungkin kompensasi bagi masyarakat sifatnya taliasi.

Terkait pipa korosi tadi memang sudah kita cek dan penjelasan dari pihak Medco memang pipa tersebut korosi dan harapan kepada Medco kalau memang memungkinkan jalur tadi diganti secara menyeluruh jangan sampai nanti kedepannya timbul korosi kembali sifatnya mungkin dapat merugikan masyarakat.

Dan terang Demoon, Forkopincam segera meminta pihak perusahaan untuk memperbaiki secara menyeluruh jangan sampai timbul masalah kedepan korosi lagi, tukasnya.

Selain Camat dan Kapolsek Lais, hadir juga Sekretaris Camat Lais Marsofi SKM MM, Kepala Desa Lais Utara Herianto dan Kepala Dusun 6 Lais Darwis bersama tim lainnya. (Imam)