Ditengah Pandemi, Kelompok KWT Tebing Bulang Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Berkebun

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

Lahan kosong dimanfaatkan untuk berkebun sayuran dan ditanami obat-obatan tradisional terletak di Dusun 6 Desa Tebing Bulang Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dikelola langsung oleh Kebun Wanita Tani (KWT) dibentuk oleh Marce Margareta Hendri.

Ketika ditemui dikebun tersebut Marce Margareta Hendri menjelaskan sebelumnya lahan ditanami sayuran dan obat-obatan tradisional, sekarang lahan tersebut ditanami bibit sawit dan itu semua dikelola oleh ibu-ibu kelompok KWT di Desa Tebing Bulang, jelasnya.

Kebun tersebut pernah panen Alakadarnya, karena belum terlalu banyak menghasilkan karena ini baru percobaan, tapi hal tersebut tidak membuat kami patah semangat lalu kami berusaha mencari ide-ide bagaimana caranya agar kebun ini bisa berhasil dan bermanfaat bagi banyak orang nantinya, tegas Istri Ketua BPD Tebing Bulang ini.

Saya bersama anggota KWT membangun ini walau sekarang dalam keadaan covid justru menambah aset dapurnya dari sayur sayuran dan mengurangi keuangan dapur para ibu ibu ini.

Masih kata Marce, mereka juga bekerjasama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Tebing Bulang sendiri selalu didatangkan setiap ada penyuluhan tentang perkebunan, misalnya pupuk bibit dan tata carah penanaman bibit.

PPL setiap satu bulan sekali diadakan sosialisasi kepada anggota KWT tersebut, misalnya cara menyemaikan bibit sayur sampai ke penyematan bibit obat-obatan seperti Jahe Merah, Kuncit Putih dan lainnya. (Nurdin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *