Breaking News Pali Politik

PTPS PALI Resmi Dilantik

PALI-Meteorsumatera.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) secara resmi pada Senin 16 November 2020 dilantik dan langsung ikuti bimbingan teknis (Bimtek). Pelantikan dan Bimtek PTPS dilakukan di masing-masing kecamatan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Panwaslu Kecamatan masing-masing.

Seperti di kecamatan Talang Ubi, pelantikan PTPS di kecamatan tersebut dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Simpang Tais kecamatan Talang Ubi dilakukan ketua Panwaslu Talang Ubi, Hairil disaksikan Korsek Bawaslu PALI Abdul Jalal, Camat Talang Ubi, Polsek Talang Ubi dan Koramil Talang Ubi.

Pelantikan di Talang Ubi sendiri dilakukan dua sesi karena jumlah PTPS yang dilantik cukup banyak yakni berjumlah 176 sesuai jumlah TPS yang ada. Pembagian dua sesi itu bertujuan untuk menghindari kerumunan dalam menghindari penyebaran covid-19.

Ketua Panwaslu Kecamatan Talang Ubi menegaskan bahwa seluruh PTPS merupakan ujung tombak pengawasan dalam mengawal jalannya Pilkada di kabupaten PALI.

“PTPS harus berkomitmen menjalankan tugasnya. Dimana PTPS harus netral dan jangan berpihak. Harus hati-hati juga dalam menggunakan media sosial, dalam memposting atau mengeluarkan komentar di medsos jangan menunjukan keberpihakan,” pesan Hairil.

Sementara itu, Abdul Jalal mewakili Bawaslu PALI menyampaikan bahwa PTPS juga bagian dari Bawaslu.
“Jangan takut dan jangan ragu dalam melakukan pengawasan karena PTPS bagian dari Bawaslu dan tentunya dilindungi undang-undang. Tetap semangat menjalankan tugasnya. Karena kami sudah berkoordinasi dengan Kapolres bahwa apabila terjadi sesuatu di lapangan saat menjalankan tugas, kita dilindungi,” jabar Korsek Bawaslu PALI.

Ketua Bawaslu PALI Heru Muharam melalui divisi SDM Basrul bahwa pelantikan PTPS dilaksanakan serentak namun pelaksanaannya dilakukan terpisah pada masing-masing kecamatan.

“Untuk menghindari penyebaran virus corona, kami laksanakan pelantikan terpisah namun serentak dalam satu hari. Jumlah keseluruhan PTPS yang dilantik se-Kabupaten PALI ada 408 orang. Pada pelantikan PTPS, penerapan protokol kesehatan kita lakukan ketat agar jalannya Pilkada di PALI berjalan aman, damai dan sehat,” kata Basrul.

Selaku koordinator divisi SDM, Basrul meminta jajaran pengawas tetap menjaga soliditas, integritas, mentalitas dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Dan tidak mudah terprovokasi dengan isu – isu yang tidak bertanggungjawab dan menjaga netralitas sebagai penyelenggara,” tukas Basrul. (Sendi)