Prima Salam
Breaking News Politik Sumsel

Paripurna Ke-XXII DPRD Sumsel : Fraksi Gerindra Apresiasikan Pemprov Sumsel

Palembang – Meteorsumatera

Rapat Paripurna ke- XXII DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2021, Selasa 24 November 2020.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri R Kiemas dan anggota DPRD Sumsel, hadir juga Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya dan para undangan lainnya.

Salah satu Fraksi yaitu Fraksi Gerindra disampaikan oleh Prima Salam SH pada Rapat Paripurna yang ke-XXII tersebut menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada saudara Gubernur atau yang mewakili telah atas sambutan sebagai pengantar Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Prov Sumsel tahun 2021 tersebut.

Setelah menelaah sambutan Gubernur beserta Nota Keuangan lanjut Prima, dimana Nota Kesepakatan KUA-PPAS telah ditandatangani DPRD Sumsel tanggal 23 November 202 0 kemarin, Fraksi Gerindra akan menyampaikan pemandangan umum yaitu sebagai berikut : Secara global estimasi pendapatan tahun 2021 adalah Rp.10.205.021.421.649.00. Mengingat Rp.280.139.328.550.25. Atau meningkat 2,82% dibanding tahun 2020.

Secara umum Gerindra memandang upaya-upaya yang akan diambil telah disampaikan secara rinci pada nota keuangan maka Fraksi Gerindra menyoroti upaya peningkatan PAD dan Retribusi daerah.

Fraksi Gerindra mengapresiasi Provinsi Sumatera Selatan yang telah merincikan langkah-langkah peningkatan PAD, dan menurut kami ada beberapa hal yang perlu disoroti yaitu :

1. Terhadap upaya melakukan inovasi pengembangan yang berbasis teknologi informasi dengan menggandeng para pemangku kepentingan(stakeholder ). Sistem perpajakan(fiskus), sistem pengelolaan data perpajakan dan upgrading. Tatap kertas sistem tata kelola dan Retribusi Daerah, mohon dijelaskan kata Prima.

2. Terhadap upaya meningkatkan pad dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan melalui peningkatan laba investasi terhadap 11 BUMD seperti yang dimaksudkan.

3. Peningkatan lain-lain Pendapatan asli daerah yang sah maka Fraksi Gerindra apresiasi langkah-langkah intensifikasi dan ekstensifikasi termasuk terhadap peningkatan pajak dan retribusi melalui pengelolaan sumber daya alam (SDA), Fraksi Gerindra menggarisbawahi tanpa harus membebani masyarakat.

Kemudian Prima Salam, sarankan agar pada tahapan pembahasan nanti terkait kan Apri Up aktivitas pelaksanaan tugas tersebut secara transparan hal ini perlu kami Ingatkan sebab jangan sampai hanya sebatas retorika sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel.

Untuk itu sambung Prima Fraksi Gerindra dengan ini menyatakan cepat menerima Raperda tentang anggaran dan pendapatan daerah Tahun Anggaran 2021, untuk diteruskan proses tahapannya Komisi terkait dengan mempertimbangkan dan membahas lebih detil pertanyaan dan saran dari kami, tegasnya (Murnadi).