Renas Bekerjasama Dengan BKM Nurul Iman RSUP Adam Malik Medan

  • Bagikan

Medan – Meteorsumatera

Relawan Nasional Sejati (Renas) yang merupakan sayap kanan serdadu Ekstrimatra Sumatera Utara bekerja-sama dengan Badan Kenaziran Masjid (KBM) Nurul Iman RSUP H Adam Malik Medan dalam pelatihan fardhu kifayah jenazah Covid-19 yang viral di beberapa rumah sakit untuk memandikan bagi jenazah covid perempuan.

Renas Sumut siap mengawal dan memberikan dukungan serta ijut berperan aktif dalam pelatihan fardhu kifayah terhadap jenazah Covid-19 yang diselenggarakan di Sekretariat BKM Nurul Iman RSUP H Adam Malik Medan.

“Memang sebaiknya jenazah peremmpuan itu dimandikan oleh perempuan, tetapi apabila dalam kondisi darurat atau tidak ada lagi petugas perempuan, maka dibolehkan dengan mengedukasi keluarga pasien jenazah itu terlebih dahulu dengan komunikasi yang baik,” ucap Ketua Renas Sumatera Utara Muktar Rahmad Sedayu Harahap, M.Kes kepada media ini via WhatsApp 23 Oktober 2020.

Dalam pelatihan tersebut yang dipimpin langsung Muktar Rahmad Sedayu Harahap yang juga sebagai Ketua BKM Nurul Iman RSUP H Adam Malik Medan ini dihadiri Dr. dr. Kamal Basri Siregar, SpB Onkology yang juga sebagai Ketua PHBI MKRI RSUP. H. Adam Malik/ Konsultan Kesehatan Renas, Prof. Dr. dr. Ridha Darmajaya, SpB Syaraf yang juga sebagai Ketua Umum MKRI RSUP H Adam Malik sekaligus sebagai Konsultan Kesehatan Renas, ijut serta rekan-rekan pengurus Kenaziran (BKM) Kurniawan Nasution, juga ada dari Renas Sumatera Utara Apipuddin Harahap dan Zul Fahri Sitompul, Beni Agus Patria yang merupakan Ketua Serdadu Ekstrimatra Sumut.

Untuk itu Muktar mengajak para pihak pimpinan Rumah Sakit/manajemen RS yang ada di Sumatera Utara agar mengirim pesertanya baik perawat perempuan maupun petugas jenazah agar segera mendaftarkan stafnya untuk ikut serta dalam pelatihan ini, apalagi kegiatan ini tidak dipungut biaya (Gratis).

Dikatakan Muktar, kami (Renas,red) hadir di NKRI ini sangat tanggap dengan berbagai permasalahan dan selalu berusaha mencari solusi, sehingga persoalan tersebut dapat selesaikan. “Kami adalah dari rakyat untuk rakyat dan kembali ke rakyat/dari ummat ke ummat dan kembali kehadapan Allah”, tuturnya.

Diharapkan Rumah Sakit di seluruh Sumatera Utara ini sudah terlatih petugasnya dengan baik dalam mengurusi jenazah terutama terhadap jenazah Covid perempuan dan diujung perbincanganya selaku panitia berharap semoga Virus C-19 ini segera berakhir dari bumi pertiwi ini dan terimakasih kami sampaikan bagi para petugas yang terus berjuang berada di Garda terdepan, tutupnya. (Waluyo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *