Bupati Muba Sampaikan Tanggapan Terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD MUBA

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muba menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan I Rapat ke-35 dalam rangka Jawaban/tanggapan Bupati Muba terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terkait R-APBD Muba TA 2021 diruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba, Selasa 13 Oktober 2020.

Dr H Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasin

Sidang Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Irwin Zulyani SH dihadiri Ketua DPRD Sugondo, Anggota DPRD, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Lic Econ MBA, Sekretaris Daerah Muba, Asisten Setda Muba, Perangkat Daerah Muba dan pihak terkait lainnya yang hadir secara Virtual.

Rapat Paripurna ini merupakan Lanjutan dari pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Muba TA 2021.

Dalam pendapatnya, Bupati Muba mengucapkan terima kasih atas dukungan DPRD Kabupaten Muba yang telah menyampaikan pokok pikiran, masukan dan saran atas R-APBD Muba TA 2021.

Diantaranya melalui program hilirisasi karet dengan memanfaatkan karet sebagai bahan baku industri serta tanaman gambo sebagai unggulan daerah yang akan meningkatkan nilai jual serta pendapatan petani pekebun, sistem pembelajaran pada masa pendemi Covid-19 telah sesuai dengan surat keputusan 4 menteri dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan sistem pembelajaran tatap muka (PTM), akan meningkatkan produktifitas hasil perkebunan terutama penggunaan bibit unggul.

Akan segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan revisi Perda perusahaan milik daerah dan optimalisasi PT. Petro Muba serta akan dilakukan reorganisasi pemisahan anak perusahaan sesuai dengan segmen bisnis masing-masing, pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 Pemerintah Muba akan mendorong pengembangan usaha mikro, kecilkan menengah sebagai ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, melalui Disnakertrans akan merevitalisasi seluruh kejuruan atau jenis pelatihan pada balai latihan kerja (BLK) untuk meningkatkan kualitas dan perluasan keterampilan calon tenaga kerja lokal sesuai kebutuhan pasar kerja dan terhadap penganggaran gaji pegawai sudah mengikuti ketentuan yang berlaku.

Untuk pelaksanaan tracking dan pengambilan swab diperiksa di PCR RSUD Sekayu dan bisa juga TCM di Lab Bayung Lencirz, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muba ke depan akan melanjutkan pematangan lahan di lokasi rencana perumahan MBR yang sudah ada dan bekerja sama dengan devoloper dalam membangun rumah MBR di maksud sehingga tukang ojek dan tukang becak dapat mencicil rumah MBR tersebut dengan angsuran terjangkau, akan selalu memperhatikan kesejahteraan dan hak tenaga kesehatan khususnya yang bertugas menangani Covid-19, kepada seluruh OPD tetap meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, akan lebih fokus pada penanganan dampak Pandemi Covid-19 baik pada sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan terutama untuk pemulihan ekonomi melalui peningkatkan prosuktivitas, ketahanan UMKM, Hilirisasi industri & inovasi, Kepada PDAM Tirta Randik agar lebih meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Daerah Muba Nomor 9 Tahun 2012 dan lainnya.

Diharapkan jawaban/penjelasan ini dapat dimaklumi dan selanjutnya pokok-pokok pikiran, usul dan saran yang disampaikan akan menjadi perhatian Pemerintah sebagai bahan peningkatan kinerja Pemerintah Daerah guna mencapai Muba Maju Berjaya 2022. (Imam-Yet)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *