77 Desa Persiapan di PALI Terima Bantuan Pemprov Sumsel

  • Bagikan

PALI – Meteorsumatera

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyalurkan dana bantuan bersumber dari APBD untuk 77 desa persiapan senilai total Rp 7,7 miliar. Masing-masing desa persiapan mendapatkan bantuan sebesar Rp 100 juta.

Penyerahan Bantuan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru berlangsung Griya Agung Palembang, bersamaan dengan Penyerahan SK PLT Bupati PALI, Rabu 7 Oktober 2020 yang lalu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, bantuan keuangan ini merupakan dukungan pemprov bagi terselenggaranya pemerintahan di desa yang sejalan dengan aturan yang berlaku.

“Melalui bantuan ini desa persiapan akan didorong juga menuju desa definitif,” cetusnya.

Bantuan keuangan untuk desa persiapan ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan PKK, Posyandu, kegiatan pemuda, kegiatan olahraga, hingga biaya operasional Kepala Desa dan Perangkat Desa serta pengadaan sarana dan prasarana kantor desa.

HD menambahkan bantuan senilai Rp 100 juta untuk tiap desa ini juga diharapkan menjadi motivasi perangkat desa persiapan untuk tetap memberikan pelayanan prima ke masyarakat.

“Bantuan ini akan disalurkan melalui Bank Sumsel Babel (BSB) ke rekening induk. Selanjutnya Kepala Urusan Keuangan Desa Induk mencatat bantuan keuangan tersebut untuk diberikan kepada Pj Kepala Desa Persiapan,”ungkapnya.

Bantuan keuangan untuk desa definitif, desa persiapan dan kelurahan ini bukan kali pertama diberikan pemprov. Pada 2019, pemprov juga menyalurkan Rp 84,5 miliar untuk 3.311 desa hingga kelurahan.

Sementara itu Kepala Desa Tempirai Barat, Dedi Handayani mewakili Desa Persiapan di Kabupaten PALI mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel atas diberikanya bantuan ini.

“Saya mewakili Kades Persiapan Kabupaten PALI mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur,kami optimistis dana ini akan kami salurkan untuk program-program yang telah dipersiapkan,” ungkap pria yang akrab disapa Andai, Rabu 14 Oktober 2020.

Andai berharap Desa yang ia pimpin dapat segera menjadi Desa definitif agar kedepan semua program terealisasi dan lebih ditingkatkan lagi.

“Kita sudah menyiapkan persyaratan-persyaratan untuk Definitif jadi berharap dengan Pemprov Sumsel terkhusus bapak Gubernur kita agar di Depenitifkan Kades Persiapan,” tandasnya. (Sendi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *