Terkait Lahan, Puluhan Warga Geruduk Kantor Camat Tanjung Lago

  • Bagikan

Banyuasin – Meteorsumatera

Sedikitnya ada puluhan warga asal Desa Purwosari Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan Senin 14 September 2020 terkait masalah lahan gruduk Kantor Camat meminta kejelasan lahan yang telah diusahakannya sebagai kepemilikan yang sah seluas 175 hektar yang lokasinya di Desa Sri Menanti Kecamatan Tanjung Lago yang diklaim oleh Warnawati karena diakui merupakan tanah warisan.

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Plt Camat Tanjung Lago Fatma suchada SSos MSi di tempat kerjanya, Semua berjalan aman dan kondusif.

“Kedatangan kami ke sini untuk melakukan silaturahmi sekaligus mempertanyakan kejelasan tentang masalah sengketa lahan di Desa Sri Menanti antara warga Purwosari dengan Warnawati,”ujar Juremi perwakilan dari warga Desa Purwosari.

Dalam pertemuan itu, dihadiri juga oleh Supriyanto Kades Purwosari, Kadus 1 Desa Purwosari Muslihun, Ketua BPD Desa Purwosari Sai’in, Babinkamtibmas Desa Purwosari, Babinsa Desa Purwosari, Sadeli sebagai pengacara dari warga dan Marto perwakilan warga.

Camat Tanjung Lago menyampaikan permasalahan yang di keluhkan atau aspirasi warga tentang sengketa lahan tersebut pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Banyuasin.

Apalagi, masalah ini sudah dimediasi oleh Wakil Bupati Banyuasin H Slamet bersama instansi terkait diruang rapatnya beberapa waktu lalu. “Jadi, saya minta kepada warga bisa menahan diri untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya sehingga penyelesaian sengketa lahan ini tidak berlarut panjang,” ucapnya.

Usai mengadakan pertemuan dengan plt.Camat di Kantor Camat Tanjung Lago, rombongan warga bergeser mendatangi Mapolsek Tanjung Lago, sekitar pukul 11.00 Wib.

Kapolsek Tanjung Lago Iptu Galuh Rizka Pengestu, STrK menyampaikan jika Polri dan TNI akan berdiri ditengah-tengah kedua belah pihak dan tidak akan memihak siapa pun.

Dia minta agar permasalahan tersebut tidak terjadi konflik sosial dan menyerahkan permasalahan itu kepada hukum yang berlaku ataupun mencari jalan solusi musyawarah mufakat. “Apabila terjadi permasalahan di lahan sengketa agar cepat segera menghubungi pihak keamanan kususnya Polsek Tanjung Lago,”jelasnya. (Waluyo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *