Setelah Makan Diduga Dedak Palsu, Unggas Bude Slamet Mati

  • Bagikan

Banyuasin – Meteorsumatera

Sempat membuat kaget masyarakat khususnya yang memilik hewan ternak jenis unggas, Pasalnya, telah beredar dibeberapa pedagang pakan unggas bahwa ada jenis pakan unggas jenis dedak yang diduga palsu, sebab berbagai hewan jenis unggas miliknya enggan makan yang baru saja dibelinya dari pedagang dikawasan kota Betung.

“Yang saya punya dirumah itu ada unggas jenis Ayam, Itik, Entok dan setiap pagi dan sore diberi pakan dari dedak itu, tetapi sekali ini ketiga jenis unggasnya tidak mau memakan dari pakan itu,” ucap Bude Slamet kepada wartawan media ini, Senin 28 September 2020.

Dikatakan Bude, memang pakan unggasnya jenis dedak yang dibelinya tiga hari lalu itu banyak perbedaan dari jenis dedak biasanya, pakan dedak yang diduga palsu itu dari baunya seperti serbuk kayu, warnanya kekuningan dan rasanya jika dipegang terasa kasar, sedang dedak yang asli dari bau padinya ada, warnanya putih lembut dan rasanya jika dipegang halus bahkan terlihat ada pecahan beras alias menir.

Warga Jalan Kades Kelurahan Betung ini mengaku curiga, unggas jenis ayam dan itiknya mati kemarin itu karena tidak bisa membuat kotoranya keluar dan dibagian anusnya membengkak setelah dipaksa diberi pakan itu dan yang lainya benar tidak mau memakanya, cuma dicakar-cakar saja.

Untuk itu pakan unggas yang diduga palsu itu saya buang saja setelah ketahuan dua ekor unggasnya mati karena tak dapat membuang kotoranya dan tempat saya beli pakan itu pun sudah saya beritau dan saya langsung beli pakan yang baru, tutupnya sembari mengingatkan kepada rekan-rekan yang memelihara hewan jenis unggas supaya lebih teliti, sebab salah pakan unggasnya bisa banyak mati. (Waluyo/Bara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *