Camat Lais, Pimpin Pembongkaran BONG Milik Warga Epil

  • Bagikan

MUBA – Meteorsumatera

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Pemerintah Kecamatan Bayung Lincir membongkar puluhan BONG yang berjajar dibantaran Sungai Musi Kelurahan Bayung, proses pembongkarannyapun langsung dilakukan oleh Camat Bayung Lincir M Imron. Seolah tak mau kalah Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi bersama Puskesmas Lais ikut membongkar 10 BONG milik warga di Dusun 1 Desa Epil Kecamatan Lais, Kamis 3 September 2020.

Kalau semua BONG biasanya terbuat dari susunan papan atau seng berdiri diatas rakit itu di Bumi Serasan Sekate ini dibongkar otomatis peninggalan nenek moyang dahulu akan sirna terkikis perkembangan zaman, demikian dikatakan seorang warga mengaku bernama Edy.

Menurut Edy, BONG tidak bisa dipisahkan bagi masyarakat yang tinggal dibantaran sungai setiap pagi, siang, sore ataupun malam hari selalu dikunjungi warga, sekarang BONG bakal dibongkar otomatis BONG hanya tinggal kenangan saja.

Edy berharap kalau BONG dibongkar dan diganti untuk BAB yang lebih modern hendaknya didirikan juga sumur, tak bisa saya bayangkan kata Edy kalau ada WC baru namun airnya tidak ada dan warga harus angkut dari sungai musi, harapnya.

Dikatakan Kepala Desa Epil Armedi bahwa Hari ini (Kamis-red) dimulai dari pembongkaran Bong di Dusun 1 Desa Epil sebanyak 10 buah, “Nantinya akan menyusul seluruhnya setiap Bong Terapung yang ada di Desa Epil ini akan dibongkar dan beralih ke Jamban Sehat bantuan dari PU Perkim Kab. Musi Banyuasin.

Kepala Puskesmas Lais Leli Hefni SKM MKes, mengucapkan rasa terima kasih banyak pada Pemkab Muba melalui Dinas Perkim Muba telah membantu jamban sehat. Kemudian Leli juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Camat Lais, Kepala Desa dan semua pihak yang sangat mensuport termasuk media yang telah memberikan informasi yang positif yang mendorong masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat, “Stop Buang Air Besar Sembarangan,”tegas Leli.

Sementara itu Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi langsung memimpin pembongkaran BONG disungai Dusun 1 Desa Epil bersama Kepala UPTD Puskesman Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, Leli Hefni Kamis 3 September 2020.

Dijelaskan Demoon ketika dilokasi pembongkaran, BONG yang dibongkar dalam rangka mendukung target Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) pada tahun 2020 ini.

Saya berharap lanjut Mantan Camat Bayung Lincir ini kedepannya warga di Desa Perairan dalam Kecamatan Lais termasuk Desa Epil dapat menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, salah satu diantaranya dengan menggunakan jamban yang sehat, harapnya.

Dijelaskan Demoon bahwa tantangan untuk menerapkan ODF di Kecamatan Lais terutama desa-desa perairan adalah sebagian wilayahnya dilalui aliran sungai, sehingga selain faktor kebiasaan, letak geografis juga menjadi tantangan dalam memberikan sosialisasi ke masyarakat.

Terlihat Camat Lais juga ikut melakukan pembongkaran BONG menargetkan seluruh warga yang berada di tepian sungai dapat menerapkan ODF sesuai instruksi Pemerintah Kabupaten. “Saat ini baru 5 Desa yang mendapatkan bantuan Jamban Sehat dari PU Perkim namun target sebelum tahun 2021 semua desa didaerah perairan sudah memiliki jamban sehat. (Imam)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *