Breaking News Ogan Ilir Pendidikan Uncategorized

SMAN 1 Payaraman Terima Bantuan Dari Kemendikbud, Produksikan Air Sehat

Ogan Ilir, Meteorsumatera

SMAN 1 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019 menerima bantuan dana dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bidang kewirausahaan melalui bahan baku biji karet dan serai wangi yang ada di sekitar sekolah.

Kemudian diolah dan diproduksi salah satu hasilnya minyak serai, minyak gosok, minyak urut aa juga sabun kecantikan dan sabun deterjen dan produk lainnya.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Payaraman Sugiarto SPd MSi menjelaskan kepada media ini Kamis 27 Agustus 2020, bantuan dari Kemendikbud RI sangat berguna bagi sekolah yang dia pimpin, sekarang kewirausahaan telah berkembang sudah ada keuntungan atau laba ditahun 2020 ini.

Malah kini lanjut Sugiarto usaha SMAN 1 Payaraman telah berkembang dan meluas dibidang air atau air minum kemasan, kita sepakat bersama dewan guru. Tentusaja kita sudah mendapatkan edukasi dari dokter Jalaludin MPSA dan Drs Zulkarnain Afto MPd.

Dari edukasi tersebut lanjut Sugiarto, kemudian kami rapat bersama dan memutuskan untuk tahun 2020 kita berusaha atau berwira usaha untuk menghadirkan air Tirtaning Air Sehat dimana sahamnya atau modal ada tiga yakni modal berasal dari hasil atau laba kewirausahaan tahun 2019 lalu, kemudian modal berasal dari saham berasal dari kawan-kawan guru dan tata usaha.

Serta modal dari kawan-kawan diluar sekolah itupun jumlahnya kami batasi dari saham itu kita kumpulkan kita hitung berapa bajet harga mesin, “Alhamdulilah cukup dengan modal yang ada setelah dibelikan mesin proses produksinya kami memilih bahan baku yang berkualitas yaitu air dengan catatan Ph berkisar 7, tts nya kecil, kandungan karatnya kecil dari bahan baku itu kita proses melalui mesin kangen water dan hasilnya kita nikmati sama sama yang pertama adalah seluruh warga sekolah kebagian, terangnya.

Kemudian produksi ini telah merambah, setiap ada kesempatan seperti dirapat Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan kami suguhkan rapat rapat pejabat produksi air sehat dan masyarakat juga sudah merasakan aie sehat bisa menghilangkan dahaga yang terpenting untuk terapi untuk hidup sehat, katanya. (Huteni)