Breaking News Ekonomi Bisnis Lampung Utara Nasional

Dana ADV Belum Dibayarkan, Dinkominfo Lampura Diprotes Puluhan Awak Media

Lampura, Meteorsumatera

Dinilai ada kejanggalan terkesan tebang pilih dalam proses pencairan dana publikasi kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akibatnya puluhan awak media yang bertugas di Lampura protes dan mengeluh.

Hal tersebut di sampaikan oleh beberapa media dari puluhan surat kabar umum maupun (Cetak) ataupun media Online, para wartawan ini meminta ketransparanan dan keadilan didalam pencairan dana yang dianggarkan menggunakan dana APBD tersebut.

Menurut salah satu wartawan HSN pernah bertanya kepada Plt Kadinkominfo Lampura Sany Lumi kapan dana penerbitan Advetorial (ADV) dibayarkan dan dijawab Plt Kadinkominfo sabar nanti juga akan dibayarkan sekarang sedang dalam proses.

Namun lanjut wartawan yang bertugas di Kabupaten Lampura tersebut hingga saat ini belum ada realisasinya, sedangkan para awak media ini sangat membutuhkan uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Wajar kalau saya atau mungkin teman-teman awak media lain menduga ada kejanggalan dalam proses pencairan tersebut, yang mengakibatkan puluhan media hingga saat ini belum dibayarkan tanpa ada penjelasan yang masuk akan bagi kawan-kawan wartawan, tegas HSN.

“Ya, kemarin kami pertanyakan lagi Kepada PLT Kepala Dinas Kominfo, Sany Lumi katanya akan Segera di bayarkan secepatnya karena ada kendala di rekap media yang dipegang oleh salah satu pegawainya di Dinas Kominfo lampura,”Jelas Sany.

Hal senada juga di sampaikan salah satu wartawan koran cetak dan online di kabupaten setempat berinisial Hamsah dirinya juga mengeluhkan terkait hal yang sama yang di alaminya tentang proses pencairan advertorial didinas kominfo Lampung Utara.

“kami minta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dalam hal ini Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, dapat merespon apa yang dialami wartawan yang bertugas di Lampura ini, mengarahkan kepada PlT Kepala Dinas Kominfo Lampura untuk segera melunasi tunggakan uang publikasi atau Advertorial terhadap puluhan awak media cetak maupun online, agar suasana tidak menjadi keruh, apa lagi kerja sama media dengan Pemkab Lampura selama ini terjalin sangat harmonis” jelasnya, Kamis 27 Agustus 2020. (Yulianto)