Advertorial Musi Banyuasin Uncategorized

Awas!!!! Ada Penampakan 4 Ekor Buaya Kuning di Sungai BHL Teluk Lubuk, Demoon Himbau Warga Harus Waspada

MUBA, Meteorsumatera

Baru-baru ini warga Teluk Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan sekitarnya digemparkan dengan penampakkan empat (4) ekor buaya kuning berukuran cukup besar melalang buana di Sungai Batang Hari Leko di Teluk Lubuk, buaya tersebut keluar dari sarangnya rata-rata malam hari diduga untuk mencari makan.

Menurut seorang warga Teluk bernama Sulaiman mengatakan pertama melihat reptile ganas tersebut yakni Alif waktu itu sekitar pukul 24.00 Wib tengah malam ketika itu dirinya sedang ngarit/garat, terdengar suara kuwos-wos seperti suara sesuatu bernapas. Penasaran ingin tahu suara apakah itu namun setelah dilihat ada buaya keluar dari sungai. Melihat ada buaya Alif langsung berlari kedaratan, terang lelaki 33 tahun tersebut.

Kemudian lanjut Sulaiman, tiga malam kemudian warga yang rumahnya dipelataran Sungai Batang Hari Leko (BHL) sekitar pukul 22.00 Wib, warga melihat seekor buaya keluar dari air dan disusul sekitar 3 buaya lainnya yang panjangnya diperkirakan 3 hingga 4 meter, satu buaya tersebut mengalami luka dikepalanya penyebab lukanya kami tidak tahu. Menurut warga buaya tersebut kini sudah di sungai Desa Epil, kata Sulaiman.

Kepala Desa Teluk Nuraidah menghimbau kepada warganya untuk berhati-hati kalau kesungai atau pelataran sungai karena buaya tidak hanya hidup disungai namun bisa didarat juga, walau demikian kita harus tenang dan kondusif,”Marilah kita menjaga diri kita sendiri, keluarga kita tentunya, jangan sampai ada korban jiwa mengingat buaya-buaya tersebut masih berkeliaran,”harapnya.

Sementara itu Kades Epil, Armedi mengatakan Semalam Selasa 11 Agustus 2020 sekitar pukul 20 Wib melihat langsung lokasi dimana warga melihat buaya tersebut, setelah saya mencari informasi ternyata buayanya kecil seperti anak buaya tapi biasanya ada induknya yang pastinya ukuran tubuhnya lebih besar, saya menghimbau seluruh masyarakat desa Epil, untuk selalu berhati hati kalau ke sungai, Ucap Armedi.

Camat Lais Demoon Herdian Eka Suza SSTP MSI mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Lais sudah koordinasi dengan Pemerintah Desa agar menghimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi dan kurangi aktivitas disungai dan harus diwaspadai terhadap buaya yang muncul dan Pemerintah Kecamatan akan mengirimkan surat ke BKSDA Sumsel tembusan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muba secepatnya. Tegas Camat. (Imam)