Sistem Belajar Online, Warga Desa Setia Jaya Ngaku Tak Sanggup Lagi Beli Paket Internet

  • Bagikan
Kepala Desa Setia Jaya, Mulyadi

MUBA, Meteorsumatera

Pandemi Corona Virus atau Covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat miskin di pedesaan, akibat Corona salah satu dampaknya dibidang pendidikan, sudah beberapa bulan ini murid sekolah diwajibkan belajar dari rumah masing-masing melalui belajar sistem online.

Kendalanya Menurut Kepala Desa Setia Jaya Kecamatan Jirak Jaya, Mulyadi ketika dibincangi media ini dikantornya, Minggu 19 Juli 2020 kemarin, menurutnya semenjak siswa sekolah diliburkan belajar di sekolah bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 ini. Siswa belajar dirumah melalui aplikasi online, timbul persoalan baru bagi masyarakat yang anaknya tidak ada Handphone (HP) android karena tidak ada uang untuk membeli HP yang harganya jutaan tersebut.

Ada juga lanjut Kades yang diangkat melalui Pengganti Antar Waktu (PAW) ini, sudah memiliki HP android dan lama kelamaan merasa kesulitan membeli paket datanya, mengingat kehidupan sekarang sangat sulit disamping harga getah karet anjlok begitu juga harga jual buah sawit, tentunya warga mementingkan kebutuhan makan daripada beli paket internet.

Selanjutnya masalah sinyal, mengingat di daerah Jirak Jaya ini sangat sulit (Lemot) memperoleh sinyal telpon apalagi untuk internet, untuk itu sekarang kata Mulyadi banyak masyarakatnya yang mengeluh apalagi kebutuhan ekonomi dan pendidikan anak-anak mereka sama-sama pentingnya.

Saya sudah beberapa kali didatangi warga yang mengharapkan Wifi kantor Kades bisa digunakan untuk anak-anak sekolah belajar menggunakan internet kantor, tentusaja Mulyadi tidak mempermasalahkan persoalan tersebut dan akan mencoba berkomunikasi dengan piihak kecamatan untuk mencari jalan keluar atas persoalan tersebut, terangnya.

Mudah-mudahan persoalan ini cepat teratasi mengingat Bupati Musi Banyuasin bapak Dr Dodi Reza Alex Noerdin selalu respon apabila ada warganya mengalami kesulitan, tutupnya. (Nurdin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *