Pengurus FKBPD OKU Terbentuk

  • Bagikan

OKU, Meteorsumatera

Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) merupakan wadah baru  berskala Kabupaten bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), hadirnya FKBPD OKU ini diharapkan dapat menjadikan BPD agar lebih solid dan memiliki kebersamaan yang lebih.

Dalam musyawarah pengurus FKBPD OKU yang diselenggarakan Sabtu 04 Juli 2020 kemarin bertempat di kedai salah satu kedai di Baturaja. Musyawarah tersebut dihadiri 13 keterwakilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kemudian Garsubi dari Perwakilan Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat sebagai Ketua Umum (Ketum) Amrosadi dan Harman Wakil Ketua, selanjutnya Faruq Adikarta Sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen), dibantu dengan 2 orang sekretaris yaitu Dedek Kuswara dan  Y Noke Hardiana SE. Sedangkan Analiza SE dan Sunarsih SPd didaulat sebagai bendahara, pengurus nantinya dibantu Bidang Organisasi dan Litbang, Bidang Anggran, Bidang Perencanaan, Bidang Humas dan Kesra, Bidang Pemberdayaan Perempuan, Bidang Hubungan Antar Lembaga, Bidang Sospol dan Keamanan, Bidang Hukum dan HAM, yang terakhir biadng Media dan Informasi.

Garsubi dalam sambutannya mengatakan keberadaan FKBPD OKU ini sebagai alat komunikasi, alat penghubung, antara BPD dengan Pemerintah Desa, BPD dengan Pemerintah Daerah juga sebaliknya. Selama ini banyak anggota BPD banyak yang tidak tahu harus mengadu kemana setiap permasalahan di desanya masing-masing, dengan terbantuknya Forum ini anggota BPD memiliki wadah setiap permasalahannya.

Masih menurut Ketum, Seiring keberadaan FK BPD OKU ini bisa memberikan kontribusi positif pembangunan di desa sebagai mitra kerja pemerintah desa yang lebih transparan dan akuntable yang mana salah satu tugas BPD yaitu melakukan fungsi pengawasan kinerja kepala Desa. Dengan hadirnya FKBD OKU ini bisa membuat para anggota BPD yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini semakin Solid dan saling membantu dalam segala hal untuk memajukan desa.

Terpisah Sekjen FKBPD OKU menjelaskan dalam waktu dekat FKBPD OKU akan melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA). Agenda kegiatan tersebut sedang dalam koordinasi dengan BUPATI Ogan Komering Ulu Sebagai Pelindung FKBPD OKU, serta Pemerintah Daerah, mengingat Anggota BPD ini banyak, ada sekitar 700 lebih anggota BPD OKU yang tersebar di Desa-desa yang ada di Kabupaten OKU ini. Karena kita dalam masa Pandemi Covid-19 ini jadi kita musti koordinasikan lebih lanjut untuk mengumpulkan anggota BDP sebanyak itu, pungkasnya dalam akhir wawancara. (Alvin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *