Diduga Korosi, Limbah Minyak Cemari Sungai

  • Bagikan

PALI, Meteorsumatera

Untuk kesekian kali nya Pipa milik PT Pertamina Asset 2 Pendopo Field (EP) Bocor diduga akibat korosi, limbah minyak yang mencemari sungai dan kebun karet warga itu berlokasi Didesa Sungai Langan, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Line pipa bocor itu sudah satu minggu diduga dibiarkan oleh pihak pertamina sehingga adanya limbah minyak yang bercecaran warga setempat kesulitan untuk menggunakan air sungai tersebut takut air itu menimbulkan penyakit.

“Pipa bocor itu sudah satu pekan ini pak, kami sangat kesulitan untuk menggunakan air akibat limbah minyak yang berceceran, apa lagi air digunakan untuk mandi dan mencuci bahkan air sungai ini tempat pemandian anak anak, “Ungkap Yanto salah satu warga setempat, Selasa 30 Juni 2020.

Dikatakan Yanto, dimana tanggung jawab dari Pertamina, seharusnya cepat tanggap dalam masalah ini, limbah minyak itu sangat berbahaya apa lagi sungai yang digunakan satu satunya tempat air bersih untuk mandi dan mencuci.

“Keluhan kami sudah satu minggu ini , mereka baru datang kehari 8 nya dan membersihkan ceceran limbah minyak itu pun dengan alat seada nya, aliran sungai ini panjang yang membersihkan hanya beberapa orang, walaupun dibersihkan akan tetapi sungai itu telah bercampur dengan limbah minyak.” kata Dia.

Ferry Prasetyo Wibowo Ast. Manager Legal and Relation Pendopo Field mengatakan bahwa terkait pipa yang korosi itu sudah dilakukan pembersihan ceceran minyak mentah. “Sudah kita cek bersama dengan PT Elnusa bagian penanganan ceceran minyak mentah dan selanjutnya di lapangan sudah dibersihkan dengan mengblokade pada titik ceceran minyak dan membersihkan sungai yang tercemar,” ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Asmen Pertamina menjelasakan terkait ceceran minyak di Desa Sungai Langan masih dicek kondisi pipanya. ”Kami belum dapat informasi hasilnya. Terima kasih atas concernnya. Akan kami sampaikan ke manajemen dan tim teknis terkait,” tandasnya. (Sendi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *