Diduga Bangunan SMAN Bhakti Mulya Ada Unsur Korupsi

  • Bagikan

Lampura, Meteorsumatera

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Bhakti Mulya kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Provinsi Lampung mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) Swakelola tahun 2020 sebesar Rp 544. 544. 000,- dimana Dana sebesar itu digunakan untuk Pembangunan Gedung (RKB) Ruang Kelas Baru 2 unit dan Pembangunan Gedung Laboratarium Biologi 1 unit.

Patut diduga ada indikasi korupsi, pasalnya bangunan SMAN Bhakti Mulya tersebut ada beberapa ditemukan kejanggalan salah satunya Pembangunan (RKB) Ruang Kelas Baru, dilokasi pekerjaan tidak ada plang proyek atau papan nama, semestinya papan nama informasi ada dilokasi pekerjaan Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Tentang Barang dan Jasa Pemerintah, biasanya plang tersebut anggarannya sudah dimasukkan kedalam nilai proyek.

Dalam Pantauan Media, terkait pembangunan banyak didapat kejanggalan seperti halnya Pembangunan RKB yang seharusnya pemasangan batu pondasi mengunakan hamparan pasir namun ternyata tidak mengunakan hamparan pasir.

Kemudian pemasangan Cor Slop diatas pondasi semestinya mengunakan besi ukuran 12 kes. Ternyata mengunakan Besi ukuran 10 dan ukuran besi 12 banci. Serta pemakain ukuran besi gelang 6 Banci. semestinya ukuran besi Gelang 8 kes. Sehingga pengunaan Besi cor slop dan ukuran besi gelang untuk cor sloop, Bervariasi dicampur dan disusun rangkain menjadi satu.

Masih dalam pantauan media dilokasi pekerjaan, maupun dikantor sekolah ketua P2s tidak ada ditempat Sehingga kuat dugaan adanya potensi tidak dilibatkan atau dipungsikan dalam pembangunan RKB tersebut.

Sehingga pekerjaan Pembangunan (RKB) di SMAN Bhakti Mulya tidak Sesuai Permendikbud no 1 Tahun 2019. Tentang petunjuk operasional Dana Alakasi Khusus Bidang Fisik Pendidikan.

Saat dikomfirmasi Bahtiar dan Saber selaku tukang dan kenek di lokasi pekerjaan bangunan gedung sekolah, “kami bekerja di suruh pak Apri dan matrial disediakan olehnya,”terangnya.

Tambahnya, Apri adalah ipar saya. Ucapnya (Bahitar) dan pula ia adalah suami Kepala Sekolah yang bukan dari pihak sekolah. Tuturnya.

Saat Ingin konfirmasi Kepala Sekolah SMAN Bhakti Mulya, Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung, 11 juli 2020. Terkait pembangunan (RKB) Ruang Kelas Baru tersebut. tidak berada di sekolah atau ditempat. (Yulianto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *