Breaking News Ogan Ilir Politik Sosial Budaya

Program TMMD Ke-108 di Dua Desa Selesai Dikerjakan

Ogan Ilir, Meteorsumatera

Tak bisa dipungkiri, tuntasnya semua target program fisik utama kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Desa Sarang Lang dan Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel) berupa pelebaran dan peningkatan jalan begitu dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Sebab secara kasat mata keberadaan jalan ini dapat lebih mempermudah dan membuat aktivitas masyarakat setempat lebih efisien dalam melakukan mobilitas.

Pengakuan tulus tersebut diungkapkan oleh Kades Pulau Negara Yancik dan Kades Sarang Lang, Taufik Sopa. Menurut keduanya rampungnya renovasi jalan dengan panjang 1,8 kilometer dan lebar delapan meter ini membuat masyarakat lebih mudah dalam beraktivitas. Apalagi, dari segi waktu penggunaan jalan ini bisa menghemat waktu hingga lebih dari 20 menit.
Alhamdulillah ini selesai dibangun, dengan jalan ini waktu yang terpangkas sangat banyak. Kalau jalan biasa bisa 30 menit dari Desa Pulau Negara ke Sarang Lang, tapi dengan jalan ini cuma butuh waktu sekitar lima menit,” ungkap Yancik usai penutupan kegiatan TMMD di Komplek Perkatoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya Ogan Ilir, Rabu 29 Juli 2020.

Perasaan lega juga dituturkan Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Czi Zamroni S.Sos. Perwira menengah ini mengemukakan, selama pelaksanaan kegiatan TMMD ini pihaknya bersyukur tidak dihadapkan dengan masalah yang begitu pelik dan rumit. Memang TMMD ini kondisinya sangat berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Meski demikian, dia bersyukur semua yang diprogramkan selesai tepat waktu. Bahkan, beberapa program fisik termasuk target utama pelebaran dan renovasi jalan dapat diselesaikan beberapa hari sebelum penutupan TMMD yang dilakukan hari ini.

Seraya pamit dari lokasi di dua desa tersebut, dirinya mengharapkan, program fisik yang telah dikerjakan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat. Hal yang sangat menyenangkan fasilitas jalan yang direhap tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian mereka.

“Mayoritas masyarakat di sana sebagai petani. Sasaran utama pelebaran jalan yang diharapkan meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat karena bisa dimanfaatkan, mempermudah mobilitas angkut hasil pertanian masyarakat setempat dengan bisa lebih memangkas waktu tempuh,” ujarnya.

Selain itu, dia mengharapkan juga agar jalinan kebersamaan antara aparat TNI dan masyarakat dapat terus terjalin sehingga dapat menumbuhkan rasa sosial, kesetiakawanan serta bahu membahu dalam membangun negeri.

Danrem 044 Garuda Dempo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos yang hadir pada acara penutupan tersebut mengemukakan, kesuksesan pelaksanaan kegiatan TMMD ini tak terlepas dari partisipasi dan kerjasama berbagai pihak mulai dari Pemkab Ogan Ilir hingga semua lapisan masyarakat.
Dengan berakhirnya kegiatan ini, saya berpesan agar pelihara terus kebersamaan antara TNI dan rakyat. Jangan mudah terprovokasi. Tingkatkan semangat untuk kerja dan membangun kebersamaan. Selanjutnya pelihara hasil TMMD ini agar manfaatnya bisa dirasakan secara luas. Teruslah membangun dan jadikan diri sebagai agen pembangunan yang menyebar energi positif,” jelasnya.

Pada penutupan ini, pihak Kodim 0402/OKI-OI juga menyerahkan hasil TMMD ini kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang diterima oleh Sekda OI Herman SH MM mewakili Bupati OI H Ilyas Panji Alam yang positif covid 19 sehingga harus menjalani pengobatan dan isolasi. (Huteni)