Kata Warga Bukan Kejadian Pertama, Pipa Minyak PT Medco Bocor, Sawah Warga dan Sungai Tercemar

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera

Diduga klam pipa mengalami corrocive  sehingga minyak mentah mengalir kepersawahan warga akibatnya ekosistem disawah dan sungai yang dialiri minyak hitam pekat tersebut akan rusak dan mahluk hidup didalam air akan mati tentusaja masyarakat dirugikan.

Pekerja PT Medco E&P Mengerjakan Pipa  Bocor

Berdasarkan pantauan dilapangan, Sabtu 06 Juni 2020 pipa minyak PT Medco terletak di Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami kebocoran kemudian minyak kental pekat itu mengalir keareal persawahan warga kemudian minyak juga mengalir ke sumur warga dan sungai ikut tercemar.

M Amin seorang warga yang sawahnya ikut tercemar oleh minyak mentah seluas sekitar 3/4 Ha, menurutnya bicornya pipa minyak milik PT. Medco ini bukan kali pertama, ini kejadian sudah yang ke tiga kalinya.

Pipa pecah di atas jalan desa Dusun 4 minyaknya mengalir ke persawahan kami dan kami sangat dirugikan sedangkan padi yang kami tanam sudah satu minggu, sudah ada negosasi dari pihak perusahaan tapi belum ada kesepakatan, minyak ini mengalir ke Sungai Jirak dan pemukiman warga, sangat berbahaya,” ungkap Amin.

Kemudian, milik Jamin sawah seluas 1/2 hektar padinya sudah berumur satu bulan habis terdampak limbah peruahaan minyak terebut. Jamin menjelaskan kebocoran pipa itu diperkirakan Sabtu pagi sekitar pukul 03.00 Wib,” Untuk memulihkan sawah agar bisa tanam kembali memakan waktu 4 kali musim tanam akibat tercemar limbah minyak terebut, terangnya.

Semantara itu pihak perusahaan PT. Medco di lokasi terlihat sedang perbaikan di titik yang mengalami kebocoran namun pihak perusahaan di lapangan belum mau untuk di konfirmasikan, nanti kita kasih rillis,” jelasnya di lapangan.

Berdasarkan Release PT Medco E&P mengenai hal tersebut bahwa para pekerja PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) telah menangani kebocoran pipa di jalur Jene-Pengabuan, Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kejadian diketahui Sabtu 6 Juni 2020 berdasarkan laporan warga setempat. (Imam)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *