BPK RI Beri 7 Catatan Untuk Pemprov Sumsel

  • Bagikan

Palembang, Meteorsumatera

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hj RA Anita Noerenghati SH MH  menerima penyerahan Hasil Pemeriksaan  (HP) atas penggunaan APBD Sumsel tahun anggara 2019 diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Sumsel Hari Purwaka, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyaksikan langsung penyerahan HP tersebut.

Untuk diketahui bahwa Pemprov Sumsel sudah enam (6) kali raih WTP mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Paripurna Istimewa, Senin 29 Juni 2020 kemarin.

Dijelaskan bahwa dari tahun 2014 Pemerintah Provinsi Sumsel mendapatkan opini WTP dari BPK RI, Dalam Rapat Paripurna Istimewa tersebut dalam HP BPK RI dibacakan oleh anggota BPK RI Prof Dr Bahrulah Akbar MBA CPA CSFA ada tujuh (7) temuan yang perlu diperbaiki yakni salah satunya penataan dan pengamanan aset tetap Pemprov Sumsel dinilai belum memadai.

Kemudian pengelolaan dana BOS dan sekolah gratis belum tertib, pembelanjaan dari empat OPD masih terdapat kekurangan volume pengerjaan. LHP ini menjadi gambaran yang signifikan dan wajib untuk ditindaklanjuti pejabat di daerah.

Prof Bahrulah membacakan LHP terebut melalui virtual dari kantor BPK RI Jakarta didampingi auditor utama BPK RI Achsanul Hag.

Kemudian Gubernur Sumsel H Herman Deru membacakan menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas opini WTP oleh BPK RI ini walaupun terdapat beberapa catatan dan akan langsung ditindaklanjuti salah satunya penata usahaan dan pengelolaan aset daerah, jelasnya.

Selanjutnya Ketua DPRD Prov Sumsel Hj RA Anita Noernghati SH MH menyampaikan memgucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Sumsel atas diraihnya opini WTP untuk keenam kalinya dari BPK RI,” Dengan dikeluarnya LHP BPK RI ini DPRD Sumsel punya data untuk melanjutkan pembahasan pertanggungjawaban APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun anggaran 2019, satu tahun anggaran yang telah berjalan, Pungkasnya.

Rapat Paripurna Istimewa tersebut dihadiri Wakil Ketua serta Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan tamu undangan lainnya. (Murnadi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *