Terkesan Tidak Transpran, Kades Sindang Agung Bakal Diperiksa

  • Bagikan

Lampung Utara, Meteorsumatera

Ratusan lebih Oknum Kepala Desa di Indonesia terjerak hukum gara-gara Dana Desa yang disalahgunakan, untuk itu pemerintah mengingatkan agar Kepala Desa harus hati-hati mengelola Dana Desa, harus transparan apabila ada indikasi penyelewengan siapapun berhak melaporkan ke aparat berwenang.

Inspektortat Kabupaten Lampung Utara selaku perpanjangan tangan Bupati telah mewanti-wanti para pemimpin di desa agar hati-hati menggunakan Dana Desa, Pemerintah Lampung Utara sudah mensosialisasikan tata cara pengelolaan Dana Desa tersebut, apabila masih ada penyelewengan maka hukum akan menjeratnya.

Seperti contoh temuan dilapangan oleh tim media tentang Pembangunan Balai Desa di esa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara, pembangunan ini dinilai tidak transparan bahkan cendrung mengarah ke tindak pidana korupsi dalam pelaksanaannya.

Contoh nya saja, pembangunan rabat beton rabat beton tahun 2018 lalu, seyogyanya belum mengalami kerusakan jika dilaksanakan sesuai dengan ketentuan serat Rencana Anggaran Belanja (RAB) tersebut. Kini proyek didusun 01 menghabiskan dana anggaran desa Rp 125. 575. 500,- dengan volume 125 x 2,5 x 15 itu telah mengalami kerusakan.

Inspektur Kabupaten Lampung Utara, Mankodri ketika diminta tanggapannya, seputar dugaan tidak tranparannya Kades Sindang Agung pada kegiatan pembangunan Balai Desa, serta belum apa-apa rabat beton tahun 2018 telah mengalami kerusakan.

Dia (Mankodri) selaku inspektur menegaskan akan pemeriksaan secara khusus pada Kades serta Dana Desa-nya, ucapnya, Senin 11 Mei 2020 beberapa hari lalu.

Masih menurut Mankodri, “Kami akan telusuri dilapangan dan akan kami konfirmasikan kepada Kades,” padahal
pihaknya telah mengingatkan serta wanti – wanti pada seluruh Kades, jangan macam – macam dengan DD, laksakan sesuai aturan sesuai APBDes, jika ada penyimpangan disitu, maka tunggu saja mereka, tukasnya.

Dugaan tidak tranparan pada pekerjaan Balai Desa itu, ketika sejumlah awak media mempertanyakan DD Sindang Agung tahun 2020 pada Sumeh selaku Kades Sindang Agung yang juga sebagai pengawas pekerjaan, tercium aroma menutupi pada publik.

“Kegiatan DD tahun 2020 yakni Pembangunan Gedung Balai Desa mengenai anggaran silahkan tanya saja pada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), singkatnya. (Yulianto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *