Pertanyakan Jumlah Penerima BLT, Puluhan Warga Piase Datangi Kantor PMD

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera

Ingin puas berapa jumlah data Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2020, puluhan warga Desa Talang Piase Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muba di Jalan Kol Wahid Udin Sekayu, Jum’at 29 Mei 2020.

H Richard Cahyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Musi Banyuasin

Kedatangan warga ini disambut Kepala Dinas PMD H Richard Cahyadi AP MSi diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Desa, Ali Bana, para warga ini diterima diruang rapat Dinas PMD Muba.

Lima perwakilan warga Talang Piase mempertayakan berapa sebenarnya jumlah KK penerima BLT DD Tahun 2020 di Desa mereka karena kemarin Kamis 28 Mei 2020 Sekda Muba Drs H Apriyadi didampingi Kadis PMD H Richard Cahyadi ketika menyerahkan bantuan BLT secara simbolis dan pada kesempatan tersebut Sekda menyebutkan bahwa warga penerima bantuan tersebut sebanyak 144 KK namun yang dibagikan kepada warga hanya 107 KK saja, sisanya kemana, kata warga tadi.

Untuk memperjelas dan agar tidak timbulnya fitnah kepada Pemerinta Desa maka puluhan warga ini mendatangi Kantor PMD di Sekayu ini, sebelumnnya warga pernah mempertanyakan kepada Kepala Desa (Kades) namun orang nomor satu di Talang Piase tersebut tidak memberikan penjelasan dan terkesan tidak transparan.

Kata sumber tadi, lebih miris lagi Kades di duga memalsukan tanda tangan anggota BPD, di mana sala-satu anggota BPD mengaku tidak pernah di ajak rapat nyatanya rapat tersebut Musyawarah Desa khusus tentang rapat penerimah BLT.

Anehnya, walau tidak hadir tapi nama anggota BPD  ikut hadir di absen dan di tanda tangani. Saat di tanya awak media anggota BPD ini mengatakan tidak pernah di ikut sertakan dalam rapat dan tanda tangan itu saya tidak menanda tangani, tukasnya.

Menanggapi polemik di Desa Talang Piase Kepala Dinas PMD Kab. Muba H Richard Cahyadi AP MSi akan menurunkan tim untuk menanggapi pengaduan masyarakat tersebut.

Kemudian lanjut Kadis PMD ini, turun langsung  kelapangan dan bertemu langsung dengan penerima manpaat BLT DD  tahun 2020 yang sudah di SK- kan sesuai  hasil musyawarah khusus desa apakah benar jumlah penerimanya 144 KK atau 107 KK sesuai pengaduan masyarakat tersebut jika ternyata terdapat penyimpangan maka kita akan memproses sesuai ketentuan yang ada sehingga hal ini tidak terulang kembali didesa desa lain, ungkap Mantan Wali Kota Prabumulih ini. (Imam)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *