Diduga Gara-Gara Pertanyakan Data Penerima BST, Anggota BPD Dikeroyok Oknum Perangkat Desa

  • Bagikan

OKU, Meteorsumatera

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Rantau Panjang Kecataman Kedaton Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mempertanyakan data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Dana Desa Tahun 2020 kepada Perangkat Desa diduga oknum perangkat Desa tersebut tersinggung maka terjadilah peristiwa pengeroyokan itu, tak terima apa yang menimpa dirinya, Indra Sandi Melaporkan Peristiwa itu ke Polisi.

Anggota BPD Desa Karang Anyar, Indra Sandi (Korban Penganiayaan)

Usai kejadian tersebut korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Peninjuan dan diterima oleh Ps Kanit IK Aipda Ahrif dan Bhabinkamtibmas Bripka Mawardi memberikan Himbauan agar permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaaan namun Indra selaku korban tetap ingin melaporkan kejadian tersebut.

Begini Kronologis kejadiannya, Kamis 28 Mei 2020, ketika pembagian BST Dana Desa (DD) menurut keterangan dari Indra Anggota BPD Desa Rantau Panjang sekira pukul 14.05 Wib Ketika warga bernama ANA seorang Anggota PNS (Guru) beralamat di Wilayah Baturaja namun tinggal di Desa Rantau Panjang kurang lebih 2 tahun, pada saat itu Kepala Desa Rantau Panjang Jamal menolak Ana sebagai Penerima BST DD dan pada saat itu Anggota BPD Indra memberikan pendapat atau menjelaskan kepada Kepala Desa bahwa nama tersebut termasuk dalam daftar penerima BST DD.

Berdasarkan rapat kesepakatan antara Sekretaris Desa serta beberapa orang perangkat desa dan diikuti Ketua BPD beserta Anggota lainnya namun belum selesai anggota BPD ini menyampaikan hal tersebut beberapa orang diantaranya perangkat desa langsung mengeroyok dan memukuli anggota BPD tersebut padahal ditempat tersebut dihadiri Camat KPR dan Serma Edi Kartoni serta Bhabinkamtibmas Desa Rantau Panjang, melihat kejadian tersebut Camat ikut melerai.

Untuk dikatahui, Adapun jumlah yang menerima BST DD Desa Rantau Panjang sebanyak 54 KK, Untuk BST DD  tersebut setiap KK akan mendapatkan selama 3 bulan (terhitung mulai bulan April – Mei – Juni), yg mana pada hari ini dibayarkan untuk Bulan April dan Mei, sedangkan untuk penyaluran pada Bulan Juni akan dilaksanakan kembali di Bulan Juni 2020. Besaran Nominal Bantuan yg diterima per – 1 KK akan mendapat BST DD sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) perbulan.

Saat ini giat penyaluran BST DD telah selesai dilaksanakan dan pada saat kegiatan berlangsung mengikuti Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19, yg mana setiap warga penerima Bantuan diwajibkan memakai masker, cuci tangan & fhisical Distancing (Jaga jarak minimal 1 meter) saat mengambil bantuan. Ketika permasalahan ini dikonfirmasikan kepada Kepala Desa Rantau Panjang melalui Telpon Selularnya mengenai peristiwa tersebut dengan nada terputus-putus dia seperti mengatakan katek-katek-katek mungkin disebabkan oleh sinyal telpon. (Alvin)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *