Bupati Lantik Pejabat Administrator dan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Way Kanan

  • Bagikan

Way Kanan, Meteorsumatera

Intinya sambutan Bupati Way Kanan Provinsi Lampung H Raden Adipati Surya, SH, MM melantik Pejabat Administrator dan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Way Kanan yang acaranya dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan Kamis 30 April 2020.

Bupati Way Kanan menyampaikan sambutanya pertama-tama memanjatkan puji syukur Kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat melangsungkan pelantikan Pajabat Administrator dan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam keadaan sehat wala’fiat dan berlangsung lancar.

Dengan suasana berbeda kegiatan ini, dengan keprihatinan karena merebaknya Pandemi Covid-19 yang belum ada tanda tanda berakhir. Mari kita semua selalu berdoa, agar cobaan ini segera berakhir dan supaya dapat melanjutkan pembangunan lebih baik lagi kedepan. Shalawat beriring salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada panutan, junjungan dan tauladan kita Nabi Muhammad SAW beserta segenap keluarga dan para sahabatnya yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di Yaumil Qiyamat kelak, amin ya robal allamin.

Kegiatan pelantikan dan mutasi pejabat disetiap instansi pemerintah hal itu biasa bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan yang merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai, sebagai upaya penyegaran terutana dalam peningkatan kinerja yang hendaknya dimaknai sebagai kepentingan organisasi, bukan penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Promosi dan rotasi di lingkungan birokrasi pemerintahan merupakan hal biasa. Promosi diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Way Kanan atas prestasi kerja dan kinerja PNS yang telah dibuktikannya selama ini, sedangkan rotasi dilakukan guna memberikan suasana, tantangan dan motivasi ditempat tugas yang baru guna peningkatan karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (ASN).

Selain itu, pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai saja bagi yang bersangkutan, bahkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan.

Parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai tentu melalui pertimbangan kapasitas, kompentensi, integritas, loyalitas, moralitas, mutasi jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Hal ini lanjut Bupati pemberlakuan Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana yang diubah dengan Undang-undang Nomor 9 tahun 2015, menuntut pemda mampu menata manajemen sistem penyelenggaraan pemerintahan dengan menciptakan sistem yang efektif dan efisisen serta mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Way Kanan termasuk saudara-saudara yang baru saja dilantik, agar secara bersama-sama dan saling bahu-membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Way Kanan, yaitu Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021. Pencapaian visi dan misi tersebut mustahil dapat tercapai tanpa kebersamaan dan kesatuan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Usai pelaksanaan pelantikan ini, untuk secepatnya saudara-saudara berkoordinasi, tentang administrasi pertanggung-jawaban kegiatan, mempersiapkan serah terima segala fasilitas dinas, dan melakukan pertemuan dengan staf saudara di unit kerja masing-masing, sebab fasilitas yang ada termasuk kendaraan dinas, sebagai kelengkapan sebuah unit kerja bertujuan memperlancar operasional unit kerja, apabila terjadi mutasi seperti hari ini, kendaraan itu beserta fasilitas dinas lainnya untuk diserahterimakan kepada pejabat pengganti dan tidak dibawa ke tempat saudara mutasi.

Hal tersebut amat penting terutama dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan yang menjadi tanggungjawab masing-masing Satuan Unit Kerja, sehingga apa yang telah diprogramkan sebelumnya dapat berkelanjutan dapat dicapai dab memberikan hasil nyata bagi pembangunan daerah yang kita cintai ini, tutupnya. (ril/waluyo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *